Pengembangan model penilaian "peer and self assessment moderated by teacher" berbasis WEB untuk pelajaran fisika SMA / Hafiz Anshari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model penilaian "peer and self assessment moderated by teacher" berbasis WEB untuk pelajaran fisika SMA / Hafiz Anshari

Anshari, Hafiz (2014) Pengembangan model penilaian "peer and self assessment moderated by teacher" berbasis WEB untuk pelajaran fisika SMA / Hafiz Anshari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anshari Hafiz. 2014. Pengembangan Model Penilaian Peer and Self Assessment Moderated by Teacher Berbasis Web untuk Pelajaran Fisika SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si (2) Sugiyanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci peer assessment self assessment e-learning teori kinetik gas 12288 12288 12288 12288 Peer dan self assessment menjadi teknik penilaian dalam Kurikulum 2013 (Kemdikbud 2013). SMA Negeri 8 Malang membutuhkan model penilaian yang sesuai dengan tuntutan kurikulum tersebut. Guru belum memiliki model penilaian dengan teknik peer dan self assessment dan siswa pun meragukan teknik penilaian ini. Moodle dapat menjadi sarana untuk melakukan penilaian pada materi Teori Kinetik Gas. Instrumen peer assessment berupa tugas terstruktur dan instrumen self assessment berupa pertanyaan. Panduan penggunaan model penilaian ini dibuat untuk memudahkan siswa menjalankan model penilaian ini. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Rancangan pengembangan meliputi lima tahap yang diadaptasi dari langkah-langkah menurut Sukmadinata (2009). Langkah-langkah penelitian meliputi studi pendahuluan perancangan model penilaian peer and self assessment moderated by teacher berbasis web pengembangan model penilaian ujicoba terbatas dan revisi produk akhir. Produk diujicoba melalui proses validasi dan ujicoba terbatas. Validasi dilakukan oleh seorang dosen Fisika UM dan guru Fisika SMAN 8 Malang. Ujicoba terbatas dilakukan oleh lima siswa kelas XI. Instrumen data kuantitatif menggunakan angket dengan Skala Likert. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar kritik dan saran dari validator. 12288 12288 12288 12288 Produk akhir adalah model penilaian peer and self assessment moderated by teacher berbasis web. Hasil pengembangan memenuhi kriteria layak yaitu hasil validasi dari validator untuk model penilaian 3 15 dan panduan penggunaan 3 37. Temuan lain dari hasil analisis data ujicoba terbatas menunjukkan respon positif siswa berdasarkan skor rata-rata angket sebesar 3 27 serta nilai tugas yang dikerjakan siswa. Kelebihan produk penilaian antarsiswa berlangsung acak dan anonim sehingga mengurangi subjektivitas dan guru memiliki kontrol terhadap skor akhir atas tugas. Kelemahan produk yaitu tidak ada kontrol kebenaran pada kegiatan self assessment hanya bergantung kejujuran jawaban siswa. Guru dapat menggunakan website lebih lanjut dengan bentuk tugas/soal yang disesuaikan. Produk dapat diandalkan menjadi model penilaian yang mempermudah implementasi peer dan self assessment di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20668

Actions (login required)

View Item View Item