Sari, Dyah Rina Puspita (2014) Pengembangan komik fisika sebagai media pembelajaran di SMP/MTs kelas VIII pokok bahasan gaya / Dyah Rina Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rina Puspita Sari Dyah. 2014. Pengembangan Komik Fisika Sebagai Media Pembelajaran diSMP/MTs Kelas VIII Pokok Bahasan Gaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Malang. Pembimbing (1) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (2) Drs. H. Winarto Kata Kunci komik fisika media pembelajaran gaya Proses belajar mengajar di sekolah menggunakan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang digunakan di sekolah pada umumnya berupa buku teks. Kerumitan bahan ajar yang disampaikan semakin membuat siswa kurang tertarik untuk membaca buku pelajaran termasuk buku fisika. Siswa cenderung tertarik membaca buku cerita bergambar (seperti komik) dibanding buku pelajaran biasa dikarenakan cerita bergambar (komik) memiliki alur cerita yang runtut dan teratur memudahkan untuk diingat kembali. Dari sinilah muncul gagasan untuk menggabungkan antara daya tarik komik di antaranya penampilannya menarik alurnya runtut dan mudah dipahami dengan buku pelajaran yang cenderung textbook sehingga siswa tertarik untuk membacanya.Berdasarkan uraian tersebut maka dikembangkan media pembelajaran komik fisika pokok gaya untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik fisika pokok bahasan gaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII dan mengetahui kelayakan komik fisika pokok bahasan gaya untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi analisis kebutuhan perumusan tujuan pengembangan materi pengembnagan alat evaluasi produksi validasi produk revisi dan produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba terbatas kepada siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah komik fisika pokok bahasan gaya. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dengan skor 3 54 dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari media pembelajaran lain dintaranya penyampaian materi bahasa sederhana dan diperjelas dengan gambar animasi sederhana desain penyajian menekankan pada gambar kartun terdapat rangkuman materi dan soal komik tidak hanya untuk siswa SMP/MTs saja dan terdapat kunci jawaban
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20657 |
Actions (login required)
View Item |