Munawaroh, Uswatul (2014) Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) disertai tugas open ended problem untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Sriwedari Malang tahun ajaran 2013-2014 / Uswatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Munawaroh Uswatul. 2014. Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) disertai Tugas Open Ended Problem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA SMP Sriwedari Malang Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dra. Hartatiek M.Si. Kata Kunci strategi pembelajaran think talk write open ended problem 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Fisika diketahui bahwa aktivitas dan prestasi belajar Fisika siswa kelas VIIIA SMP Sriwedari Malang masih rendah. Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) disertai open ended problem dapat memicu siswa untuk terlibat secara aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keterlaksanaan proses strategi TTW disertai tugas open ended problem dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dan (2) mengetahui bagaimana strategi TTW yang disertai tugas open ended problem dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan tindakan kelas (PTK) selama dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA SMP Sriwedari Malang yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Melalui penerapan strategi TTW siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa melakukan aktivitas berpikir berdiskusi dan menulis kesimpulan. Tugas open ended problem yang dikerjakan siswa melalui aktivitas belajar tersebut dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi TTW disertai tugas open ended problem dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Sriwedari Malang. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu 55 68% meningkat menjadi 76 54% pada siklus II. Sebelum tindakan persentase prestasi belajar siswa 29 62%. Pada siklus I persentase prestasi belajar siswa 64 00% dan meningkat menjadi 80 77% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20649 |
Actions (login required)
View Item |