Peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo melalui penerapan model 5R learning cycle dengan strategi self-explanation / Erwinestri Hanidar Nur Afifi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo melalui penerapan model 5R learning cycle dengan strategi self-explanation / Erwinestri Hanidar Nur Afifi

Afifi, Erwinestri Hanidar Nur (2014) Peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo melalui penerapan model 5R learning cycle dengan strategi self-explanation / Erwinestri Hanidar Nur Afifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifi Erwinestri Hanidar Nur. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo Melalui Model 5E Learning Cycle dengan Strategi Self-Explanation. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Parno M. Si (II) Sugiyanto S. Pd M. Si Kata Kunci fisika 5E learning cycle strategi self-explanation prestasi belajar Fisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang pokok dan mendasar yang berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar hukum-hukum yang menggerakkan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dengan sikap sehingga siswa dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran fisika dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi yang disampaikan oleh guru. Berkaitan dengan itu maka diperlukan model 5E Learning Cycle dengan strategi Self-Explanation dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuanyar melalui penerapan model 5E Learning Cycle dengan strategi Self-Explanation. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain eksperimen nonequivalent control group. Data penelitian ini diperoleh dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam bentuk soal pilihan ganda. Untuk uji hipotesis digunakan uji-t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil thitung 5.305 2.201(t30 .05) terdapat perbedaan prestasi belajar lebih baik antara siswa yang belajar menggunakan model 5E Learning cycle dengan strategi Self-Explanation dibandingkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item View Item