Yohana, Krista (2014) Pengembangan modul fisika materi fluida statis dengan model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas X / Krista Yohana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan Modul Fisika Materi Fluida Statis dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Digital untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Kadim Masjkur (II) Widjianto Kata kunci Modul Fislika POE Motivasi Belajar. 12288 12288 12288 12288 Tersedianya buku Fisika kurikulum 2013 khususnya di Malang sangatlah kurang sehingga guru Fisika menggunakan buku Fisika yang telah disusun oleh Tim MGMP untuk menunjang pembelajaran. Buku ini kurang dapat memberikan motivasi belajar secara maksimal kepada siswa dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari analisis buku ini tidak ada kegiatan praktikum tidak bewarna perumusan diperoleh dengan penjelasan singkat tidak adanya pengamatan audio-visual dan juga ada beberapa konsep materi fluida statis yang kuarang tepat. Dari persoalan yang ada peneliti perlu melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul yang disusun dengan model POE. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R D) yang dimodifikasi Sukmadinata 2009. Metode penelitian ini adalah studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba produk. Pengembangan produk dilakukan peneliti untuk membuat modul Fisika dan panduan guru serta hasil uji kevalidan oleh validator. Sedangkan Uji coba produk ini dilakukan pada 23 siswa kelas X SMA N 1 Sumberpucung. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis validasi konten dan konstruk bahwa hasil pengembangan pada penelitian ini layak untuk digunakan. Dari uji coba terbatas diketahui bahwa modul dan animasi dapat digunakan dengan baik oleh semua siswa. Modul ini dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Setelah menggunakan modul ini motivasi belajar siswa kelas X SMA mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar yang baik meningkat sebesar 60 9 %. Kelebihan bahan ajar ini adalah (1) modul yang dikembangkan dengan model POE yang mencangkup 3 aspek yaitu predict observe dan explain (2) modul ini dapat membantu siswa dalam menenemukan konsep Fisika pada materi Fluida Statis (3) Tersedianya video dan animasi sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan kekurangan bahan ajar ini adalah diperlukan media berupa komputer untuk menunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20642 |
Actions (login required)
View Item |