Sintesis dan karakterisasi superkapasitor berbasis nanokomposit TIO2/C / Vinda Nur Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi superkapasitor berbasis nanokomposit TIO2/C / Vinda Nur Fitriana

Fitriana, Vinda Nur (2014) Sintesis dan karakterisasi superkapasitor berbasis nanokomposit TIO2/C / Vinda Nur Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Fitriana Vinda. 2014. Sintesis dan Karakterisasi Superkapasitor Berbasis Nanokomposit TiO2/C. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Nasikhudin S.Pd M.Sc Kata Kunci superkapasitor kopresitasi nanomaterial TiO2/C carbon dielektrisitas. Superkapasitor sebagai alat penyimpan energi telah digunakan secara luas pada bidang elektronik dan transportasi seperti sistem telekomunikasi digital komputer dan pulse laser system hybrid electrical vehicles dan sebagainya. Superkapasitor memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan baterai dan kapasitor konvensional diantaranya adalah waktu hidup yang lebih lama prinsip dan modelnya yang sederhana waktu pengisian yang pendek aman dan memiliki rapat daya yang tinggi yaitu 10-100 kali lipat lebih besar. 12288 12288 12288 Pada penelitian ini menggunakan nanokomposit TiO2/C untuk memperoleh nanomaterial TiO2 di lakukan sintesis dengan menggunakan prekursor TiCl3 yang di sintesis dengan metode kopresitasi. Prekusor titanium dioksida yang digunakan akan mempengaruhi morfologi dari nanopartkel TiO2 yang dihasilkan seperti luas spesifik permukaan tingkat kristalinitas dan ukuran kristalit produk yang akan sangat berpengaruh terhadap sifat dan kinerja TiO2. Sedangkan carbon memiliki aplikasi luas khususnya pada aplikasi pembuatan penyimpanan energi listrik yang tinggi. Pembuatan pasta komposit TiO2/C dilakukan untuk menghasilkan film tipis yang dilapiskan ke substrat perak. Separator digunakan sebagai pemisah antara elektroda satu dengan yang lainnya. Dari superkapasitor tersebut di uji karakteristik dielektriknya dengan LCR meter dan struktur morfologi dengan menggunakan SEM EDAX. 12288 12288 12288 Penelitian ini dimaksudkan mampu menghasilkan sebuah sistem penyimpanan energi dengan berbagai keunggulan dan mempunyai kapasitas tinggi dan energi yang lebih besar daripada kapasitor biasa dan mampu memperbaiki karakteristik bahan sesuai dengan persyaratan penggunaannya dan dengan proses yang lebih efisien serta meningkatkan keamanan karena tidak ada bahan korosif dan lebih sedikit bahan yang beracun. Serta dari perbandingan variasi massa komposit TiO2/C mampu menghasilkan nilai dielektrisitas superkapasitor yang tinggi dan rentang frekuensi antara 1 kHz-200 kHZ mampu menghasilkan dielektrisitas secara eksponensial seiring dengan bertambahnya frekuensi pengukuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20638

Actions (login required)

View Item View Item