Pemetaan potensi geothermal di daerah candi Songgoriti dengan menggunakan metode geomagnet / Said Romdhon - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan potensi geothermal di daerah candi Songgoriti dengan menggunakan metode geomagnet / Said Romdhon

Romdhon, Said (2013) Pemetaan potensi geothermal di daerah candi Songgoriti dengan menggunakan metode geomagnet / Said Romdhon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romdhon Said. 2013. Pemetaan Potensi Geothermal di Daerah Candi Songgoriti dengan Menggunakan Metode Geomagnet. Skripsi Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Daeng Achmad Suaidi S.Si M.Kom (2)Nasikhudin S.Pd M.Sc. Kata kunci Geothermal Geomagnet Candi Songgoriti Magnetometer Energi Geothermal adalah energi panas bumi yang berasal dari dalam bumi dan terjadi secara alami. Energi ini berasal dari aktifitas tektonik yang telah terjadi selama berjuta-juta tahun yang lalu yang berada di dalam bumi. Energi yang dihasilkan dari energi Geothermal berasal dari panas batuan yang berinteraksi dengan air yang ada di sekitarnya yang bisa terjadi secara konveksi. Dari hasil interaksi tersebut akan menghasilkan panas yang dapat di manfaatkan sebagai sumber energi. Kawasan songgoriti adalah kawasan wisata dimana di sana terdapat area wisata peninggalan sejarah (candi) dan juga pemandian air panas. Air panas yang di gunakan dalam pemandian songgoriti merupakan air panas yang berasal dari mata air panas yang ada di sekitar kawasan candi songgoriti. Rancangan penelitian dengan menggunakan metode Geomagnet diawali dengan studi literatur yaitu mempelajari tentang teori-teori dari metode geomagnet yang berhubungan dengan potensi geothermal dan metode geomagnet. Lalu dilakukan penelitian dengan menggunakan alat GEOMETRICS G-856 Memory-Mag PPM pada tanggal 26 april 2013 mulai pukul 08.00-selesai. Dengan melakukan pengambilan data di 186 titik yang tersebar di area candi songgoriti ini. Dengan pengambilan data di setiap titik sebanyak 5 kali untuk mendapatkan hasil rata rata di setiap titik penelitian. Setelah mendapatkan data magnetik data di olah dengan menggunakan software Magpick untuk di lakukan pengangkatan ke atas(upward continuation) kemudian di olah dan di petakan ke dalam kontur dengan menggunakan software surfer 9.0 dan akan di slashing untuk kemudian dilakukan pemodelan secara vertikal dengan menggunakan software Mag2DC. Hasil dari penelitian di temukan sebaran nilai medan magnet lokal yang tersebar di daerah penelitian dengan potensi geothermal yang di duga berada di daerah timur sumber mata air panas dengan nilai medan magnet rendah (kurang dari -500 nT) yang diduga telah terdemagnetisasi oleh panas bumi yang berada di dalam permukaan bumi yang di duga berasal dari magma atau batuan yang telah terpanaskan oleh magma. Dari data tersebut di lanjutkan pemodelan menggunakan Mag2DC dan dihasilkan variasi batuan yang berada di bawah permukaan bumi sebelah timur dengan batuan yang bernilai rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item