Profil pembelajaran IPA fisika pada materi kalor di kelas VII-F SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Linna Listia Diana Wahyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pembelajaran IPA fisika pada materi kalor di kelas VII-F SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Linna Listia Diana Wahyu

Wahyu, Linna Listia Diana (2013) Profil pembelajaran IPA fisika pada materi kalor di kelas VII-F SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Linna Listia Diana Wahyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil pembelajarn IPA Fisika Kalor. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan guru sebelum melakukan pembelajaran fisika yang meliputi silabus RPP dan persiapan peralatan eksperimen. Proses pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Minat peserta didik terhadap pelajaran fisika pada materi kalor. Penilaian pembelajaran fisika yang dilakukan oleh guru yang meliputi kesesuaian penilaian dengan BSNP perencanaan pelaksanaan dan tindak lanjut penilaian proses hasil pembelajaran. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan metode penelitiannya yaitu metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-F SMP Negeri 1 Malang dengan kesepakatan antara guru dan peneliti serta peserta didik kelas VII F untuk dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013 pada materi Kalor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa alat ukur kesesuaian dengan BSNP angket wawancara dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini berupa perencanaan pembelajaran yaitu kesesuaian perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan RPP yang dibuat oleh guru memiliki kesesuaian dengan BSNP dengan kriteria sangat sesuai. Proses pembelajaran meliputi pendahuluan inti dan penutup yang dilakukan oleh guru memiliki kesesuaian dengan BSNP dengan kriteria sangat sesuai. Penilaian pembelajaran meliputi perencanaan pelaksanaan dan tindak lanjut penilaian proses hasil pembelajaran yang dibuat oleh guru memiliki kesesuaian dengan BSNP dengan kriteria sangat sesuai.Pada pelajaran fisika pada materi kalor berdasarkan hasil wawancara maupun lembar observasi diperoleh bahwa secara kesuluruhan peserta didik cukup berminat terutama pada saat melakukan kegiatan eksperimen dan dalam mempelajari materi kalor walaupun materinya cukup rumit dan sulit dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item