Rohmawati, Nurur (2013) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-A MTS Darussalam Jombang tahun pelajaran 2012/2013 / Nurur Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model pembelajaran PBL motivasi berprestasi prestasi belajar Hasil wawancara dengan guru IPA (fisika) di MTs Darussalam diperoleh informasi bahwa fisika merupakan pelajaran yang sulit bagi siswa. Ditunjukkan oleh persentase hasil nilai ulangan tengah semester siswa yang tuntas sebesar 50%. Ini berarti hanya 11 siswa dari 22 siswa yang nilai ulangannya di atas nilai KKM yakini 70. Hasil wawancara dengan siswa pun menunjukkan bahwa mereka merasa kesulitan dalam pelajaran fisika. Pada saat pembelajaran fisika berlangsung ada siswa yang lebih memilih tidur atau bercakap-cakap dengan teman sebangkunya daripada mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini menandakan bahwa motivasi dari dalam diri siswa kurang terhadap pelajaran fisika. Berdasarkan permasalahan yang ada pada kelas VIII-a MTs Darussalam Jombang maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar melalui model pembelajaran PBL. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-a MTs Darussalam Jombang dengan jumlah siswa 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Sub pokok yang bahasan yang digunakan pada siklus I adalah pemantulan cahaya sedangkan untuk siklus II adalah pembiasan cahaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tindakan dan instrumen pengukuran. Instrumen tindakan terdiri dari RPP dan LKS. Instrumen pengukuran terdiri dari angket motivasi berprestasi siswa dan lembar penilaian prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada akhir siklus diperoleh hasil bahwa 87 32% siswa memiliki motivasi berprestasi fisika dengan kategori baik. Peningkatan motivasi berprestasi ini berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa dari kondisi awal sebelum diberi perlakuan sampai pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai fisika siswa adalah 77 65 dengan persentase ketuntasan 77 27% (dilihat dari kondisi awal persentase naik 27 27% dan nilai rata-rata naik 12 65). Pada siklus II rata-rata nilai fisika siswa adalah 84 dengan persentase ketuntasan 90 90% (dilihat dari siklus I persentase naik 13 63% dan nilai rata-rata naik 12 65). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika siswa mengalami peningkatan melalui penerapan model PBL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20606 |
Actions (login required)
View Item |