Kusumawardhani, Triyas (2013) Pengembangan media pembelajaran fisika pokok bahasan alat-alat optik berorientasi multiple intelligences bilingual berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X / Triyas Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media alat optik multiple intelligences bilingual Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dapat dilihat dari penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer dalam kegiatan belajar yang dalam satu kelas terdapat berbagai siswa dengan kecerdasan yang berbeda. Kecerdasan siswa yang bermacam-macam dan penggunaan media pembelajaran memungkinkan dibuatnya sebuah media pembelajaran berorientasi Multiple Intelligences bilingual berbantuan komputer untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang berorientasi Multiple Intelligences bilingual berbantuan komputer yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika SMA Kelas X pokok bahasan alat-alat optik. Pokok bahasan alat-alat optik ini terdiri dari materi mata kamera lup mikroskop dan teleskop. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan desain yang merupakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg Gall yang terdiri dari studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Software yang digunakan untuk mengembangkan produk media pembelajaran ini adalah SwishMax 2006. Penelitian ini hanya sampai tahap uji coba terbatas. Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket kepada ahli media ahli materi ahli bahasa dan audiens (siswa SMA Kelas X di SMA Negeri 5 Malang). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik presentase. Dari hasil analisis data uji coba terbatas diketahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media sebesar 87 2% yang berarti media baik menurut ahli materi 88 4% yang berarti media baik menurut ahli bahasa 91 2% yang berarti media baik. Dari uji keterbacaan pada siswa kelas X SMAN 5 Malang diperoleh 89 4% yang berarti media baik. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20601 |
Actions (login required)
View Item |