Korelasi antara fasilitas perkuliahan dan motivasi belajar dengan indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan offering A angkatan 2008 semester gasal tahun akademik 2009/2010 Universitas Negeri Malang / Shoviyul Himami - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara fasilitas perkuliahan dan motivasi belajar dengan indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan offering A angkatan 2008 semester gasal tahun akademik 2009/2010 Universitas Negeri Malang / Shoviyul Himami

Himami, Shoviyul (2011) Korelasi antara fasilitas perkuliahan dan motivasi belajar dengan indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan offering A angkatan 2008 semester gasal tahun akademik 2009/2010 Universitas Negeri Malang / Shoviyul Himami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fasilitas Perkuliahan Motivasi Belajar Motivasi Intrinsik Motivasi Ekstrinsik Indeks Prestasi Pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Setiap mahasiswa tentu berharap untuk mecapai hasil yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang telah mereka lakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun demikian hal ini tidak hanya penting bagi mahasiswa tetapi juga dosen yang mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar agar dapat terjadi proses belajar mengajar yang optimal. Untuk mencapai prestasi yang memuaskan harus didukung dengan usaha yang maksimal. Misalnya pengadaan fasilitas yang disediakan oleh pihak lembaga dalam hal ini adalah pihak Perguruan Tinggi sebagai salah satu penyelenggara pendidikan. Keberadaan fasilitas kampus dalam hal ini pihak Jurusan terkait memiliki arti yang sangat penting karena dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu keberadaan fasilitas perkuliahan harus dimanfaatkan oleh mahasiswa secara maksimal. Fasilitas yang dimaksud diantaranya adalah laboratorium perpustakaan dan ruang media. Tersedianya fasilitas perkuliahan yang lengkap dan memadai harus didukung beberapa faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam pencapaian prestasi belajar yang tinggi yaitu motivasi belajar dari diri individu mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara fasilitas perkuliahan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan offering A angkatan 2008 semester gasal tahun akademik 2009/2010 Universitas Negeri Malang. Variabel penelitian adalah Fasilitas perkuliahan(X1) dan Motivasi belajar mahasiswa(X2). Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa (Y). Penelitian ini adalah Penelitian Korelasional. Subyek penelitian adalah Mahasiswa Jurusan Teknologi pendidikan offering A Angkatan 2008 semester gasal Tahun Akademik 2009/2010 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 40 orang (18 perempuan dan 22 laki - laki). Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuisioner.Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis korelasi rank order (spearman rho) diolah dengan bantuan komputer program SPSS for Windows Versi 15 00. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menyatakan bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara fasilitas perkuliahan (X1) dan Motivasi belajar mahasiswa (X2) dengan indeks prestasi (Y) dan hubungan antara keduanya positif. Artinya jika fasilitas perkuliahan (X1) dan Motivasi belajar mahasiswa (X2) mengalami peningkatan akan terjadi kecenderungan peningkatan indeks prestasi (Y) dan demikian pula sebaliknya. Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel fasilitas perkuliahan (X1) dan Motivasi belajar mahasiswa (X2) berhubungan secara signifikan dengan indeks prestasi (Y) pada level 5 %. Adanya korelasi positif yang signifikan berarti semakin lengkap fasilitas perkuliahan dan semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa maka akan semakin tinggi pula Indeks Prestasi yang akan diperoleh. Penelitian ini hanya meneliti beberapa faktor yang berkaitan dengan fasilitas saja belum menggali dan meneliti faktor-faktor lain yang berpengaruh. Oleh karena itu disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan cara pengembangan variabel yang lain dan lingkup yang lebih luas sehingga dapat mencapai keberhasilan proses perkuliahan yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item