Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 2 Blitar tahun ajaran 2012/2013 / Muhammad Bahruddin Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 2 Blitar tahun ajaran 2012/2013 / Muhammad Bahruddin Yusuf

Yusuf, Muhammad Bahruddin (2013) Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 2 Blitar tahun ajaran 2012/2013 / Muhammad Bahruddin Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD prestasi belajarfisika kemampuanawal Salah satu kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa SMA adalah kemampuan bekerjasama dan juga kemampuan berpikir untuk mengembangkan penguasaan konsep agar mencapai prestasi belajar yangbaik.Permasalahan tersebut dapatdiatasi dengan model pembelajaran STADdenganmemperhatikankemampuanawalsiswa. ModelSTAD berpotensi meningkatkan aktivitas dankerjasamasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasibelajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menentukan perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkandengan model STAD dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.2) Mencari interaksi antara model STAD dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar fisika.3) Menentukanperbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi antara yang dibelajarkan dengan model STAD dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.4) Menentukanperbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan awal rendah antara yang dibelajarkan dengan model STAD dan yang dibelajarkan denganpembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2. Variabel bebas adalah model pembelajaranSTAD. Variabelantaraadalahkemampuanawal.Variabel terikat adalah prestasi belajar fisika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Blitar. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan X-4 sebagai kelas eksperimen. Pengambilansampelmenggunakan teknik purposive sampling. Prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes objektif. Sebelumdigunakan instrumen tes terlebih dahulu dilakukan analisis butir soal Uji hipotesis menggunakan anavaduajalurdandilanjutkandenganujiTukeyyang sebelumnyatelahdiujinormalitasdanhomogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaanprestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran STAD dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar fisika siswaditunjukkandengannilai Fab sebesar4 94. 3) Prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi samapadakedua model pembelajaranditunjukkandengannilaiQ((X_1 ) 773 - (X_3 ) 773 )sebesar0 29925. 4) Prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibanding dengan siswa dengan kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensionalditunjukkandengannilaiQ( 12310 (X 12311 _2 ) 773 -(X_3 ) 773 )sebesar12 2694.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20595

Actions (login required)

View Item View Item