Diagnosis kesulitan belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X-D Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Lusi Mirawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X-D Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Lusi Mirawati

Mirawati, Lusi (2013) Diagnosis kesulitan belajar fisika pokok bahasan kalor siswa kelas X-D Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Lusi Mirawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci diagnosis kesulitan belajar kalor Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat mengikuti PPL Keguruan di sekolah ditemukan gejala keulitan siswa dalam mempelajari fisika. Gejala tersebut berupa (1) nilai fisika yang kurang memuaskan (2) rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas (3) siswa kurang berani bertanya kepada guru (4) kurang berani dalam menyampaikan pendapat dan (5) kurangnya kemampuan dalam memecahkan masalah. Kesulitanini harusdipecahkankarenaakanmempengaruhipemahamansiswapadapokokbahasanfisikaselanjutnya.Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk melakukan diagnosis kesulitan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi letak kesulitansiswadalammempelajaripokokbahasanKalor dan penyebabkesulitansiswadalammempelajaripokokbahasanKalor. Desainpenelitianini adalahpenelitian kuantitatif non-ekssperimental dengan rancangan penelitiandeskriptif. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X-D MAN 3 Malang tahunajaran 2012-2013 sebanyak 27 siswa.Teknikpemilihansubjekpadapenelitianinidengan menggunakanteknikpurposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik.Tes diagnostik telah diujicoba untuk mengetahui validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda dari setiap butir soal. Jenis data dalampenelitianiniadalah data primer yaitu data yang dikumpulkanlangsungolehpeneliti. Data tersebutberupahasiltesdiagnostiksiswakelas X-D MAN 3 Malang.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik sederhana dan teknik diagnostis analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas X-D dalam mempelajari pokok bahasan Kalor terletak pada submateri pemuaian gas kalor perubahan wujud dan kalor laten Asas Black dan radiasi. Kesulitan belajar siswa kelas X-D pada submateri tersebut disebabkan oleh kurangnya penguasaan konsep kurangnya kemampuan perhitungan matematis kurangnya kemampuan dalam mengkonversi satuan dan kurangnya kemampuan dalam pengetahuan terstruktur meliputi kemampuan verbal kemampuan membuat skema kemampuat membuat strategi pemecahan masalah dan kemampuan membuat algoritma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item