Studi tentang posisi pemetikan dawai gitar yang menghasilkan kejerniohan bunyi / Kartika Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang posisi pemetikan dawai gitar yang menghasilkan kejerniohan bunyi / Kartika Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Kartika (2013) Studi tentang posisi pemetikan dawai gitar yang menghasilkan kejerniohan bunyi / Kartika Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kejernihan bunyi dawai gitar metode analitik metode numerik persamaan gelombang Warna bunyi adalah bunyi dengan frekuensi sama dalam sumber bunyi yang berbeda. Kualitas bunyi mempengaruhi warna bunyi yang dihasilkan. Bunyi yang dihasilkan berasal dari nada harmonik yang terdiri dari nada dasar (fundamental tone) dan overtone. Penelitian mengenai warna bunyi digunakan untuk mengetahui kejernihan jenis kualitas bunyi. Penelitian bunyi pada dawai gitar bertujuan untuk mengetahui posisi pemetikan dawai gitar yang menghasilkan bunyi yang jernih. Metode analitik dan numerik digunakan untuk mendapatkan solusi persamaan gelombang pada dawai. Melalui solusi analitik persamaan gelombang dawai diketahui persamaan untuk distribusi amplitudo. Distribusi amplitudo menunjukkan tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan. Distribusi amplitudo digunakan untuk meninjau kejernihan bunyi yang dihasilkan oleh dawai gitar. Pemodelan penelitian mengenai kejernihan bunyi menggunakan software wolfram mathematica. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kejernihan bunyi yang dihasilkan oleh dawai diperoleh ketika dipetik di 1/100 bagian dari panjang dawai. Tindakan konkret yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kejernihan bunyi pada dawai gitar adalah memetik dawai di daerah yang paling dekat dengan daerah ketika fret ditekan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20580

Actions (login required)

View Item View Item