Sintesis dan karakterisasi fase SiC dari abu jerami padi melalui metode liquid-phase sintering / Pasuna Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi fase SiC dari abu jerami padi melalui metode liquid-phase sintering / Pasuna Wirawan

Wirawan, Pasuna (2013) Sintesis dan karakterisasi fase SiC dari abu jerami padi melalui metode liquid-phase sintering / Pasuna Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci abu jerami padi SiC liquid-phase sintering resistivitas. Telah dilakukan penelitian tentang sintesis dan karakterisasi fase SiC dari abu jerami padi melalui metode liquid-phase sintering. Tujuan penelitian ini adalah sintesis dan karakterisasi resistivitas fase SiC dari abu jerami padi. Penelitian ini diaplikasikan sebagai elemen pemanas suhu tinggi. Untuk memenuhi syarat sebagai material semikonduktor dan elemen pemanas suhu tinggi dibutuhkan SiC yang memiliki resistivitas pada rentang 102-103 937 .cm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah liquid-phase sintering dengan adanya fase liquid memungkinkan terjadinya difusi massa yang lebih tinggi selama sintering sehingga mekanisme densifikasi dapat lebih dominan. Pada penelitian ini diawali dengan sintesis SiO2 amorf dari abu jerami padi menggunakan metode sol-gel. Liquid phase sintering dilakukan dengan campuran awal berupa SiO2 yang diperoleh dari abu jerami padi karbon dan additives sintering berupa Al (5% massa campuran) pada variasi suhu 1200 s.d. 1400oC selama 6 jam dalam atmosfer Ar. Identifikasi fase menunjukkan puncak kristal silikon karbida moissanite (3C-SiC) telah terbentuk pada suhu sintering 1200oC (LPSSiC-1200) dan puncak SiC semakin meningkat seiring dengan peningkatan suhu sintering. Pada suhu 1300oC mulai terjadi transformasi fase SiC yang berstruktur kubik (3C-SiC) menjadi rhombohedral (141R-SiC) dan heksagonal (16H-SiC). Pengukuran resistivitas bahan menggunakan metode empat titik probe. Nilai resistivitas LPSSiC yang mendekati nilai resistivitas SiC ideal yaitu pada material LPSSiC-1400 dengan nilai sebesar 3 14x102 937 .cm pada suhu ruang. Ploting antara variasi suhu terhadap resistivitas LPSSiC-1400 menunjukkan material keramik ini terklasifikasi sebagai thermistor NTC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20577

Actions (login required)

View Item View Item