Pengmbangan media pembelajaran fisika berbasis multi media dengan menggunakan swishmax pada materi optika fisis untuk siswa SMA / Titah Putri Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengmbangan media pembelajaran fisika berbasis multi media dengan menggunakan swishmax pada materi optika fisis untuk siswa SMA / Titah Putri Firdausi

Firdausi, Titah Putri (2012) Pengmbangan media pembelajaran fisika berbasis multi media dengan menggunakan swishmax pada materi optika fisis untuk siswa SMA / Titah Putri Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran optika fisis swishmax Optika Fisis adalah salah satu materi pada fisika yang bersifat abstrak. Dengan demikian diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat menggambarkannya secara jelas dan nyata/konkret. Media pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran Optika Fisis adalah media pembelajaran berbentuk animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fisika berbasis multimedia tentang Optika Fisis dan mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan sesuai yang dikemukakan Borg dan Gall hingga tahap kelima. Langkah-langkah penelitian meliputi tahap pendahuluan perencanaan pengembangan produk awal uji lapangan awal dan revisi. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia ditunjukkan oleh ukuran validitas yang diberikan oleh dua kelompok ahli materi dan ahli media. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli media dan materi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada ahli materi dan ahli media. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator yang dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui kelayakan (kevalidan) produk dan data kualitatif berupa saran dan kritik yang diberikan oleh validator. Hasil analisis data dengan teknik persentase dari masing-masing subjek coba adalah 83 3% menurut ahli media dan 84 6% menurut ahli materi. Dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia pada materi optika fisis memiliki desain dan materi yang ditampilkan pada kategori layak (valid) dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20558

Actions (login required)

View Item View Item