Sintesis hydroxyapatite dari limbah cangkang telur ayam buras dengan metode presipitasi / Sarwandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis hydroxyapatite dari limbah cangkang telur ayam buras dengan metode presipitasi / Sarwandi

Sarwandi (2012) Sintesis hydroxyapatite dari limbah cangkang telur ayam buras dengan metode presipitasi / Sarwandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sintesis hydroxyapatite presipitasi kristalinilitas. Kelimpahan bahan alam yang sangat tinggi dapat dikembangkan sebagai raw material dalam membuat biomaterial hydroxyapatite. Kalsit (CaCO3) merupakan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai donor kalsium dalam sintesis hydroxyapatite yang merupakan komponen mineral tulang. Cangkang telur Ayam buras mengandung sebagian besar kalsium karbonat. Kalsium dari cangkang telur Ayam buras dapat digunakan sebagai starting material dalam pembuatan hydroxyapatite. Sintesis hydroxyapatite berhasil dibuat dari cangkang telur dan (NH4)2HPO4 dengan metode presipitasi. Presipitasi cangkang telur dan (NH4)2HPO4 dilakukan pada kondisi suhu 37 0C dan Ph 9. Identifikasi XRD menunjukan sampel yang dominan terbentuk adalah HAp. Variasi suhu sintering yang digunakan memberikan pengaruh terhadap kristalinitas dan fasa yang terbentuk. Fasa lain yang terbentuk pada suhu 1000 0C adalah trikalsium fosfat (TKF). Hydroxyapatite dapat disintesis menggunakan cangkang telur Ayam buras yang telah dikalsinasi dengan menambahkan (NH4)2HPO4. Kenaikan suhu sintering tidak memberikan pengaruh terhadap parameter kisi kristal hydroxyapatite. Pada kenaikan suhu sintering antara 800-1000 0C terjadi peningkatan ukuran butir kristal dan kristalinitas hydroxyapatite. Hal ini diperkuat dengan hasil SEM yaitu ukuran butir kristal dan kristalinitas mengalami peningkatan seiring dengan kenaikan suhu sintering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item