Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika mahasiswa Jurusan Fisika UM / Sunu Wahyudhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika mahasiswa Jurusan Fisika UM / Sunu Wahyudhi

Wahyudhi, Sunu (2012) Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika mahasiswa Jurusan Fisika UM / Sunu Wahyudhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Scaffolding Kooperatif Kerja Ilmiah Prestasi Belajar. Selama ini banyakmahasiswa yang mengambilmatakuliahFisikaDasar yang diselenggarakanmelaluiceramahdankegiatanlaboratoriumtradisionalmengalamiberbagaikesulitan dan memerlukanpendampingankognitif (cognitive apprenticeship) dalambelajarfisika. Salah satu cara untuk menanggulangi kesulitan-kesulitan yang dihadapimahasiswa adalah menggunakanalat bantu (scaffold) yang difungsikanmelaluipembelajarankooperatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penerapan paket scaffoldingberbasis kooperatif terhadap perkuliahan Fisika Dasar di perguruan tinggi.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruhpenerapanpaketscaffoldingberbasiskooperatifMateriGelombangdanOptikterhadapkerjailmiahdanprestasibelajarfisikamahasiswaJurusanFisika UM. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasy Experiment dengan rancangan model Untreated Control Group Design with pretest and posttest. Subjek penelitian adalah mahasiswa fisika dasar Jurusan Fisika UM tahun akademik 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 59 yang berasal dari dua kelas dengan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen berjumlah 34 dan kelas kontrol berjumlah 25. Dalampenelitianinidigunakaninstrumenpengumpulan data berupa (1) data prestasibelajardiukurdengantesprestasibelajarfisika dan (2) data kerjailmiahdiukurdenganteskerjailmiah.Sebelumnya instrumen pengumpulan data telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Reliabilitas Alpha Cronbach pre-test Prestasi Belajar adalah 0 778 post-test Prestasi Belajar adalah 0 720 dan Kerja Ilmiah adalah 0 733. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik mancovapada tarafsignifikansi 945 0 050. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapatperbedaankerjailmiahfisikaantarakelompokmahasiswa yang di ajar denganpaketScaffoldingberbasiskooperatifmaterigelombangdanoptik (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok mahasiswa yang di ajar dengan paket Scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik. Beberapa saran yang dapatdisampaikan aantara lain (1) ParadosenmatakuliahFisikaDasardisarankanuntukmenerapkanPaketScaffoldingberbasiskooperatifmaterigelombangdanoptikdalampembelajarankarena Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaankerjailmiahdanprestasibelajarfisikaantarakelompokmahasiswa yang di ajar denganpaket Scaffolding berbasiskooperatifmaterigelombangdanoptic (2) HendaknyadilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipenerapanpaketScaffoldingberbasiskooperatifterhadapmateriFisikaDasar yang lainnyasehingganantinyadapatdiketahuiefektifitasnyaterhadapmateriFisikaDasarsecarakeseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20545

Actions (login required)

View Item View Item