Pengaruh pH terhadap struktur kristal dan dielektrisitas partikel nano delafosit CuFeO2 / Sa'diyah Nurul Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pH terhadap struktur kristal dan dielektrisitas partikel nano delafosit CuFeO2 / Sa'diyah Nurul Umami

Umami, Sa'diyah Nurul (2012) Pengaruh pH terhadap struktur kristal dan dielektrisitas partikel nano delafosit CuFeO2 / Sa'diyah Nurul Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Variasi pH Struktur Kristal Konstanta Dielektrik Delafosit CuFeO2 Selamasatudekadeterakhirinipenemuansenyawadelafositmendorongperkembanganteknologilebihpesatkhususnyaaplikasipadapirantielektroniktransparan.Senyawainidapatjugadimanfaatkansebagai material termoelektrikdansebagaitransparan conducting oxide (TCOs) untukaplikasipadasensor dan diode.Delafositdenganukurannanopartikelmenarikuntukdikajikarenasifat-sifatuniknanopartikelbiasanyaberkaitandenganfenomenakuntumsebagaiakibatketerbatasanruanggerakelektrondanpembawamuatanlainnyadalampartikel. Fenomenainiberimbaspadabeberapasifat material sepertiperubahanwarna yang dipancarkan transparansi kekuatanmekanikdankonduktivitaslistrik.Penelitiandelafositkhususnyapada CuFeO2selamainimasihdidominasipadavariasi doping dalamukuranmikro. Penelitianinimerupakanalternatifsintesis CuFeO2dalamukurannano.Metode yang digunakanadalahmetode sol gel yang memilikikelebihanantaralainkomposisinyalebihhomogendandapatdisintesisdenganmenggunakansuhulebihrendahdaripadamenggunakanreaksipadatan.BahandasarCu(NO3)2.3H2O (PA 99%) Fe(NO3)3.9H2O (PA 99%)awalnyadilarutkandalamDI water dengan katalis yang digunakan adalah asam sitrat. Sementara itu variasi pH dilakukan dengan meneteskanNH4OH ke dalam larutan. Larutan diaduk dengan stirer pada suhu 80oC hingga larutan menjadi gel. Selanjutnya gel tersebut dipanaskan 400oC selama 4 jam.Karakterisasistrukturkristalmenggunakan XRD dandielektrisitasmenggunakankapasitansimetertipe AD 5822.Fasayang terbentukdiidentifikasidenganmenggunakanperangkatlunakPCWdanstrukturkristaldianalisisdenganperangkatlunakMicrocal OrigindandihitungmenggunakanpersamaanScherrer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanopartikel CuFeO2berhasildisintesisdenganmetode sol gel.Ukurankristalbervariasiantara32 nm hingga46 nm. Namun masihditemukanadanyafase lain berupaCuOdan Fe3O4. Pada pH 8dihasilkanCuFeO2denganfraksi volume terbesar.PolakonstantadielektriksebagaifungsipHberbandingterbalikdenganpola parameter kisidan volumekristal.TampakbahwaadanyafaseCuOdan Fe3O4jugaberpengaruhterhadapkonstantadielektrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item View Item