Penerapan pembelajaran aktif tipe prediction guide untuk meningkatkan oral activities dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-I SMPN 1 Binangun-Blitar tahun pelajaran 2011/2012 / Pinda Maya Nursanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran aktif tipe prediction guide untuk meningkatkan oral activities dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-I SMPN 1 Binangun-Blitar tahun pelajaran 2011/2012 / Pinda Maya Nursanti

Nursanti, Pinda Maya (2012) Penerapan pembelajaran aktif tipe prediction guide untuk meningkatkan oral activities dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-I SMPN 1 Binangun-Blitar tahun pelajaran 2011/2012 / Pinda Maya Nursanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prediction guide oral activities prestasi belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa dan guru fisika serta observasi awal di SMP Negeri 1 Binangun-Blitar diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran sering dilakukan di laboratorium akan tetapi bukan untuk praktikum. Jarangnya diadakan praktikum maupun diskusi membentuk karakter siswa kurang mengetahui penerapan fisika menguasai konsep fisika dan minimnya rasa ingin tahu siswa. Pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah dan siswa menerima materi sambil membuat catatan. Sedikitnya siswa yang bertanya dan sedikitnya siswa yang menjawab ketika ada pertanyaan dari guru kebanyakan siswa masih kesulitan mengerjakan soal latihan. Kesulitan siswa ini mengindikasikan bahwa pemahaman siswa terhadap suatu materi masih kurang sehingga prestasi belajar siswa rendah. Nilai ulangan harian siswa materi gelombang elektromagnetik dan hukum pemantulan bunyi hanya sebesar 13 33% dan rata-rata kelas hanya 53 25. Bila dibandingkan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 hanya empat siswa yang tuntas.Untuk meningkat-kan oral activities dan prestasi belajar siswa kelas 8-I SMP Negeri 1 Binangun-Blitar tersebut diterapkan salah satu pembelajaran aktif tipe prediction guide. Pembelajaran aktif tipe prediction guide adalah serangkaian pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara aktif untuk memprediksi suatu pernyataan berdasarkan pemahaman siswa menyesuaikan prediksi melalui pembahasan dalam kelas menyimpulkan hasil prediksi dan mempresentasikan hasil prediksi. Pembelajaran aktif tipe prediction guide ini digunakan agar siswa aktif mulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Dalam pembelajaran ini siswa diminta untuk mengungkapkan prediksinya terhadap pernyataan yang diberikan pada lembar prediksi. Kemudian berdiskusi bersama teman kelompoknya dan selama pembelajaran siswa menyesuaikan prediksinya dengan pembelajaran di kelas hingga menghasilkan prediksi akhir. Siswa dituntut untuk menyimpulkan berdasarkan kebenaran hasil prediksinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran siklus I dan II dilaksanakan dengan cara pengerjaan prediction guide sheet (PGS) rangkuman siswa dan tes prestasi belajar. Untuk melihat ketercapaian persentase prestasi belajar siswa dengan pembelajaran aktif tipe prediction guide pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Persentase KKM klasikal pada siklus I 74 4% menjadi 85 0% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 6%. Sementara itu persentase tingkat ketuntasan pada siklus I 59 3% menjadi 90 0% pada siklus II mengalami ii peningkatan sebesar 30 7%. Peningkatan persentase pada masing-masing aspek oral activities yang diamati pada siklus I dan siklus II sebagai berikut. Mengajukan pertanyaan pada siklus I 66 67% meningkat pada siklus II menjadi 86 67%. Menjawab pertanyaan pada siklus I 85 00% meningkat menjadi 90 83% pada siklus II. Mengajukan pendapat pada siklus I 68 33% pada siklus II meningkat menjadi 83 33%. Menyampaikan hasil diskusi pada siklus I 80 83% meningkat pada siklus II menjadi 81 67%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penerapan pembelajaran aktif tipe prediction guide dapat meningkatkan oral activities dan prestasi belajar siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Binangun. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi guru fisika kelas VIII-I untuk menerapkan pembelajaran aktif tipe prediction guide sebagai salah satu variasi metode pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item