Pengaruh thermo-optik terhadap loss serat optik Singlemode-SMF-28 / Yuni Priyatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thermo-optik terhadap loss serat optik Singlemode-SMF-28 / Yuni Priyatin

Priyatin, Yuni (2012) Pengaruh thermo-optik terhadap loss serat optik Singlemode-SMF-28 / Yuni Priyatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Serat Optik Jenis silica singlemode efek pemanasan termo-optik rugi daya (loss). Telah dilakukan penelitian yang mengkaji tentang pengaruh thermo-optik terhadap rugi daya (loss) dari serat optik singlemode jenis silika SMF-28. Serat optik singlemode merupakan piranti yang penting dalam sistem telekomunikasi optik. Kemampuan transmisi informasi menjadi kajian penting untuk diteliti demikian juga hal yang dapat menurunkan kemampuan transmisinya. Salah satu penyebab penurunan kemampuan transmisi adalah perubahan temperatur lingkungan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui efek peningkatan temperatur pada serat optik singlemode terhadap rugi daya (loss). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Jenis serat optik yang digunakan adalah serat optik jenis silika singlemode SMF 28. Panas yang dihasilkan dari pemanas digunakan untuk memberikan efek panas pada serat optik. Dari data penelitian yang sudah dianalisis grafik didapat hasil semakin besar suhu maka semakin besar pula loss totalnya. Hal ini menunjukkan terlihat hubungan linier antara suhu dengan rugi daya total. Pada Suhu 500C loss totalnya -0 59 dB sedangkan pada kenaikan suhu 500C nilai loss totalnya naik menjadi-0 26 dB. Berdasarkan hasil ini diperoleh besar ralat relatif ( ) sebesar 0 045% dan ralat relatif ( ) sebesar 0 34%. Pemberian perlakuan panas pada serat optik menyebabkan perubahan pada struktur serat optik. Ketika serat optik diberi panas maka akan menyerap panas sehingga menyebabkan pemuaian. Pemuaian yang terjadi menyebabkan perubahan struktur dan indeks bias. Perubahan struktur di indeks bias pada serat optik menyebabkan transmisi sinyal tidak sempurna. Perubahan struktur dari serat optik mempengaruhi besar sinyal keluaran dari serat optik. Hal ini berarti pengaruh suhu panas terhadap nilai loss pada serat optik SMF-28 silika adalah semakin tinggi suhu semakin besar pula nilai loss yang terukur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item