Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun Blitar / Ani Nur'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun Blitar / Ani Nur'aini

Nur'aini, Ani (2012) Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun Blitar / Ani Nur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Two Stay Two Stray (TSTS) Kemampuan komunikasi prestasi belajar Salah satu tujuan mata pelajaran IPA jenjang SMP/MTs adalah melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berkomunikasi. Dari hasil observasi awal di SMP Negeri 1Talun Blitar kemampuan komunikasi siswa kurang maksimal. Hal ini ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa untuk mengungkapkan pendapat membaca hasil pengamatan dan menyimpulkan pembelajaran. Hasil ulangan harian siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas masih rendah. Hal ini menandai prestasi belajar siswa juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS). Data yang dikumpulkan adalah pelaksanaan pembelajaran PBI dengan teknik TSTS dan kemampuan komunikasi yang diukur menggunakan instrumen lembar observasi serta prestasi belajar diukur dengan tes. Selain itu didukung dengan instrumen lain seperti wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran PBI dengan teknik TSTS. Dengan tahapan PBI yang dipadu dengan teknik TSTS siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang merupakan aspek dari kecakapan hidup. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Talun Blitar dari siklus 1 ke siklus 2. Yaitu ditunjukkan dari peningkatan pelaksanaan Pembelajaran PBI dengan teknik TSTS yakni 71 8% pada siklus 1 meningkat menjadi 85 6% pada siklus 2. Kemampuan komunikasi rata-rata siswa meningkat dari 58 2% pada siklus 1 menjadi 80 2% pada siklus 2. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata ujian siswa yang meningkat dari 72 4 pada siklus 1 dengan ketuntasan 66 7% menjadi 82 25 dengan ketuntasan belajar 87 5% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBI dengan teknik TSTS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item