Upaya meninghkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan penilaian portofolio siswa kelas VIII A SMP Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang / Annisa Ifroatul Muthoharoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meninghkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan penilaian portofolio siswa kelas VIII A SMP Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang / Annisa Ifroatul Muthoharoh

Muthoharoh, Annisa Ifroatul (2012) Upaya meninghkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan penilaian portofolio siswa kelas VIII A SMP Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang / Annisa Ifroatul Muthoharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prestasi belajar fisika PBL portofolio Prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Diponegoro Tumpang yang masih rendah. Hal ini terlihat pada ujian tengah semester pada materi getaran dan gelombang diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (40 6%). Hasil tersebut jauh dari KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 75%. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model PBL di kelas VIII SMP Diponegoro Tumpang (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Diponegoro tumpang selama pembe-lajaran fisika dengan model PBL disertai penilaian porofolio. Penelitian ini meru-pakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model PBL selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan model PBL di kelas VIII SMP Diponegoro Tumpang pada Siklus I pada aspek keterlak-sanaan guru adalah 76 7% dengan kategori baik dan pada aspek keterlaksanaan siswa adalah 65% dengan kategori baik. Pada Siklus II aspek keterlaksanaan guru adalah 88 3% dengan kategori baik dan pada aspek keterlaksanaan siswa adalah 85 8% dengan kategori baik (2) prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Diponegoro Tumpang mengalami peningkatan selama penerapan model PBL yaitu sebelum dilaksanakan siklus diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (40 6%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas adalah 18 siswa (56 2%). Dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (81 2%). Kenaikan prestasi belajar fisika siswa melalui model PBL dengan penilaian portofolio dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item View Item