Astuti, Puji (2012) Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Prestasi Belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui kegiatan observasi diperoleh informasi tentang rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya rata-rata nilai ulangan harian fisika siswa kelas VIII yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru masih cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa. Lembar Kerja Siswa yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran hanya sebatas untuk kegiatan diskusi menjawab pertanyaan sedangkan kegiatan eksperimen jarang sekali dilakukan karena pelaksanaannya dinilai kurang efisien. Diperlukan kejelasan Lembar Kerja Siswa mana yang memiliki dampak lebih besar bagi peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis eksperimen dan non-eksperimen dalam pembelajaran dan menunjukkan prestasi belajar fisika yang lebih baik antara siswa yang belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis eksperimen dan siswa yang belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis non-eksperimen. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu di mana ada dua kelas eksperimen. Siswa kelas eksperimen I belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis eksperimen sedangkan siswa kelas eksperimen II belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis non-eksperimen. Dua kelas eksperimen diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sebelum perlakuan diberikan siswa harus mengalami pretest untuk mengetahui prestasi belajar awal fisika siswa sedangkan prestasi belajar akhir diukur menggunakan dua cara yaitu posttest pada tiap akhir pertemuan sesuai dengan materi yang disampaikan dan di akhir perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis eksperimen dan non-eksperimen terlaksana dengan baik. Prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis non-eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |