Wibowo, Jea Mukti Cahyo (2012) Studi komperatif antara model pembelajaran generatif kolaboratif tugas terbuka dan tugas tertutup dalam pembelajaran mata kuliah fisika dasar I terhadap interaksi dan prestasi belajar mahasiswa fisika UM / Jea Mukti Cahyo W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran generatif kolaboratif tugas interaksi prestasi Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1). Apakah ada perbedaan pembelajaran generative learning kolaboratif tugas terbuka dan tugas tertutup terhadap prestasi belajar dan interaksi belajar Mahasiswa jurusan fisika Universitas Negeri Malang angkatan 2011 . (2). Apakah ada perbedaan Prestasi Belajar dan Interaksi Belajar mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar tinggi dan mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar rendah . (3). Apakah ada interaksi antara kemampuan belajar mahasiswa dengan metode pembelajaran generative learning terhadap Prestasi dan Interaksi Belajar . Penelitian menggunakan rancangan eksperimental. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model generative learning kolaboratif tugas terbuka. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan model generative learning kolaboratif tugas tertutup. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes untuk mengetahui prestasi belajar Fisika Dasar 1 dan lembar observasi untuk mengetahui interaksi belajar dalam kelompok. Hipotesis penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur (two ways ANAVA) dengan faktorial 2 x 2 dengan bantuan SPSS for Windows versi 16.0. Setelah melalui uji normalitas dan homogenitas data dinyatakan normal dan berasal dari sampel yang homogen kemudian diuji dengan Anava dua jalur Hasil uji anava sebagai berikut. (1). Terdapat perbedaan prestasi belajar dan interaksi belajar antara mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran generative learning pola kolaboratif tugas terbuka dan yang mendapat metode pembelajaran generative learning pola kolaboratif tugas tertutup. (2). Terdapat perbedaan prestasi belajar dan interaksi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar tinggi dan mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar rendah. (3). Tidak ada interaksi antara kemampuan belajar dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar dan interaksi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan belajar terhadap interaksi belajar maupun prestasi belajar. Penerapan model pembelajaran generatif tidak memberikan pengaruh yang berarti pada kemampuan belajar. Namun Model pembelajaran (generative learning) dan kemampuan belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20505 |
Actions (login required)
View Item |