Sintesis dan karakterisasi nanomaterial Fe3O4 Berlapis karbon berbasis pasir besi tulungagung - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi nanomaterial Fe3O4 Berlapis karbon berbasis pasir besi tulungagung

Wardani, An Nafiqi Frandicha Wahyu (2012) Sintesis dan karakterisasi nanomaterial Fe3O4 Berlapis karbon berbasis pasir besi tulungagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Struktur Kristal Pelapisan karbon Kopresipitasi Nanopartikel Fe3O4. Magnetik Fe3O4 menjadi bahan kajian yang menarik perhatian para peneliti karena memiliki peluang aplikasi yang luas pada berbagai bidang mulai dari bidang medis bidang teknologi maupun bidang lingkungan. Diketahui bahwa nanopartikel Fe3O4 kurang stabil terhadap alam seperti suhu tinggi dan asam yang membuat Fe3O4 akan teroksidasi menjadi Fe2O3. Oleh karena itu perlu adanya upaya agar Fe3O4 stabil di alam. Salah satu caranya adalah dengan dilakukan pelapisan karbon (Carbon encapsulated). Penelitian ini bertujuan mensintesis pasir besi Tulungagung sebagai bahan dasar nanomaterial Fe3O4 berlapis karbon. Proses pembentukannya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembentukan nanomaterial Fe3O4 dengan metoda kopresipitasi selanjutnya dilakukan tahap kedua yaitu proses pembungkusan karbon (Carbon encapsulated) nanomaterial menggunakan metode sonifikasi. Pada penelitian ini Fe3O4 dilapisi karbon dalam bentuk Fe3O4 C (Variasi molaritas Glukosa 0M-3M). Bahan dasar yang digunakan adalah Pasir Besi HCl NH4OH dan Glukosa sebagai sumber karbon. Karakterisasi struktur kristal dilakukan menggunakan difraktometer sinar-X dan karakterisasi morfologi dan mikrostruktur serta kandungan unsur-unsur lain dikarakterisasi menggunakan SEM EDAX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanomaterial Fe3O4 C telah berhasil disintesis dengan ukuran butir kristal berkisar antara 10 nm sampai 12 nm. Hasil SEM menunjukkan bahwa masih banyak partikel nanomaterial yang teraglomerasi. Hasil karakterisasi sampel Fe3O4 C menggunakan EDAX menunjukkan bahwa seiring dengan pertambahan Molaritas Glukosa semakin tebal lapisan karbon yang terbentuk dan hasil uji ketahanan sampel dengan pemberian asam (HCl 1M) menunjukan bahwa Fe3O4 C lebih tahan suasana asam daripada Fe3O4 tanpa karbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item