Pelaksanaan pembelajaran perkalian bilangan 6-10 menggunakan jarimatika kelas IV MI Miftahul Ulum Kota Batu semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Afriliana Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran perkalian bilangan 6-10 menggunakan jarimatika kelas IV MI Miftahul Ulum Kota Batu semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Afriliana Rakhmawati

Rakhmawati, Afriliana (2011) Pelaksanaan pembelajaran perkalian bilangan 6-10 menggunakan jarimatika kelas IV MI Miftahul Ulum Kota Batu semester gasal tahun ajaran 2010/2011 / Afriliana Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran perkalian bilangan 6 - 10 jarimatika Sebagian ahli menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman. Perubahan tingkah laku yang terjadi dapat disebabkan karena siswa telah melakukan kegiatan langsung seperti praktek atau latihan. Sedangkan pengertian belajar menurut siswa Sekolah Dasar (SD) pada umumnya belajar hanya berkaitan dengan membaca menulis menghafal dan mengerjakan soal. Semua hal ini dilakukan oleh siswa setiap hari tanpa adanya pengertian apa yang dimaksud belajar dan bagaimana seharusnya belajar dengan menyenangkan. Jika pembelajaran menyenangkan maka siswa akan lebih mudah untuk menerima pembelajaran. Salah satu strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah dengan memilih metode yang tepat. Metode mengajar baru dapat dikatakan relevan jika mampu mengantar siswa ke tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami matematika khususnya konsep perkalian berasal dari persepsi yang salah dalam perkalian yaitu menghafal dan kendala lainnya adalah kelemahan guru dalam penggunan variasi metode dan media dalam pembelajaran. Selain itu khususnya di sekolah yang diteliti berdasarkan survey masih banyak siswa yang belum menghafal perkalian di kelas yang lebih tinggi khususnya di kelas IV. Banyaknya siswa kelas IV yang belum menghafal dikarenakan ketidaktuntasan belajar di kelas sebelumnya. Serta motivasi siswa untuk menghafal perkalian sangatlah rendah. Semua anggapan dan fakta yang telah dipaparkan dapat dipatahkan dengan berkembangnya metode belajar yang menyenangkan sehingga siswa semakin gemar belajar matematika khususnya pelajaran berhitung. Salah satu metode belajar matematika yang menyenangkan adalah dengan metode jarimatika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran perkalian dengan menggunakan jarimatika kelas IV di MI Miftahul Ulum Kota Batu semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran perkalian dengan menggunakan jarimatika di MI Miftahul Ulum Kota Batu. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan kemudian memaparkan informasi tentang perencanaan pelaksanaan dan evaluasi metode jarimatika dalam pembelajaran perkalian. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi observasi dan skor tes hasil belajar. Kesimpulan penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran perkalian dengan menggunakan jarimatika efektif dibuktikan dengan hasil tes belajar yang menunjukkan 29 siswa dari 38 siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh guru. Kemampuan siswa dalam menghitung perkalian menggunakan jarimatika dapat dilihat dari hasil tes belajar. Saran ditujukan untuk kepala madrasah guru siswa dan peneliti selanjutnya adalah (1) kepala madrasah dapat mengembangkan jarimatika untuk di kelas rendah dan kelas tinggi (2) pembuatan RPP oleh guru bisa lebih baik pengelolaan kelas yang baik dan pengembangan metode yang lebih variatif dan inovatif (3) siswa lebih termotivasi lagi untuk belajar banyak tentang perkalian dan (4) dapat dijadikann dasar pertimbangan dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan sejenis dengan materi atau cakupan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item