Penggunaan penilaian Autentik berbasis pembelajaran Autentik untuk memantau kemajuan belajar Fisika siswa kelas X-8 SMAN 7 Malang / Miftakhul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan penilaian Autentik berbasis pembelajaran Autentik untuk memantau kemajuan belajar Fisika siswa kelas X-8 SMAN 7 Malang / Miftakhul Huda

Huda, Miftakhul (2012) Penggunaan penilaian Autentik berbasis pembelajaran Autentik untuk memantau kemajuan belajar Fisika siswa kelas X-8 SMAN 7 Malang / Miftakhul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penilaian Autentik Pembelajaran Autentik Kemajuan Belajar Tuntutan-tuntutan baru sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat membuat sistem pembelajaran yang termasuk di dalamnya adalah bentuk penilaian yang diberikan harus memperhatikan masalah pengalaman belajar dan keterampilan yang harus dimiliki setiap siswa. Pada kenyataannya kebanyakan guru dalam melakukan penilaian lebih menekankan pada hasil belajar tanpa memperhatikan proses belajar. Pada pembelajaran fisika kelas X-8 SMAN 7 Malang sistem pembelajaran termasuk juga bentuk penilaian yang diterapkan juga masih kurang bisa membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memantau kemajuan belajar fisika siswa melalui penilaian portofolio penilaian kinerja dan penilaian sikap siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan penilaian autentik berbasis pembelajaran autentik pada mata pelajaran fisika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMAN 7 Malang. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap. Tahap I terdiri dari 4 pertemuan tentang penyampaian materi Pemantulan Cahaya dan 1 pertemuan untuk tes tahap 1. Tahap II terdiri dari 4 pertemuan tentang penyampaian materi Pembiasan Cahaya dan 1 pertemuan untuk tes tahap 2. Tahap III terdiri dari 4 pertemuan tentang penyampaian materi Alat Optik dan 1 pertemuan untuk tes tahap 3. Kemajuan belajar siswa diamati melalui kemajuan hasil penilaian tugas portofolio kinerja siswa sikap siswa dan kemajuan hasil tes serta nilai akhir siswa. Data dianalisis dengan mengolah dan menghitung nilai tugas portofolio nilai tes tertulis nilai akhir siswa serta hasil penilaian kinerja dan sikap siswa sesuai dengan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian portofolio penilaian kinerja dan sikap serta tes dan nilai akhir siswa mengalami kemajuan dari tahap 1 sampai 3. Hal ini mengindikasikan bahwa penilaian portofolio penilaian kinerja dan penilaian sikap mampu memantau kemajuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item