Pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan starter eksperiment approach (SEA) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratoriun Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Fadila Kurniadhini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan starter eksperiment approach (SEA) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratoriun Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Fadila Kurniadhini

Kurniadhini, Fadila (2012) Pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan starter eksperiment approach (SEA) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratoriun Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Fadila Kurniadhini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PBMP SEA Kerja Ilmiah Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara terhadap guru mata pelajaran fisika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa siswa kelas X-2 masih belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran fisika. Banyak siswa yang pasif saat pembelajaran tidak mau bertanya kepada guru dan memberikan jawaban yang kurang sempurna jika guru memberikan pertanyaan sehingga daya pikir siswa tidak berkembang. Kepasifan siswa tersebut dikarenakan mereka tidak tertarik terhadap pembelajaran sebab pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu guru sebagai penceramah dan siswa sebagai pendengar. Selain itu ketika pelaksanaan kegiatan praktikum siswa cenderung bermain-main sendiri tidak memahami alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum dan tidak bisa merangkai alat praktikum. Ini terjadi karena siswa jarang melakukan praktikum sehingga kerja ilmiah siswa tidak terasah. Dari keadaan diatas menyebabkan hasil belajar dan kerja ilmiah siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang rendah yaitu untuk nilai UTS rata-rata kelas hanya sebesar 62 50 dengan persentase ketuntasan 13 89%. Untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tersebut diterapkan pola pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA). Pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) merupakan pola pembelajaran yang berusaha memberdayakan pemikiran melalui pertanyaan dengan tahapan sediakan lakukan pikirkan evaluasi dan arahan. Pola pembelajaran ini sejalan dengan teori konstruktivisme. Siswa secara aktif menemukan dan mentransformasikan informasi kompleks yang ingin diperoleh secara individu.Pada tahap lakukan diisi dengan Starter Experiment Approah (SEA) yaitu suatu pendekatan yang mengajak siswa belajar IPA dengan membangun konsep melalui pengamatan dan pengujian terhadap gejala-gejala yang terjadi di alam. Tahapan dari SEA itu sendiri adalah percobaan awal (demonstrasi) pengamatan perumusan masalah pengajuan hipotesis percobaan pengujian perumusan konsep aplikasi dan evaluasi. Penggabungan antara pola PBMP dengan SEA juga tergolong pembelajaran konstruktivisme yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran siklus I dan II dilaksanakan dengan cara pengerjaan lembar soal PBMP dengan SEA. Dari hasil penelitian pada siklus I sudah mulai ada peningkatan kerja ilmiah siswa dengan rata-rata 67 49 %. Hasil belajar pada siklus I yang dapat dilihat dari rata-rata kelas diperoleh 67 57 untuk aspek kognitif dengan ketuntasan 25 00 % aspek psikomotorik diperoleh rata-rata 70 95 % dengan ketuntasan 48 65 % dan aspek afektif diperoleh rata-rata 68 16 % dengan ketuntasan 5 88 %. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kerja ilmiah siswa sebesar 79 57 % sedangkan untuk hasil belajar pada aspek kognitif nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 83 dengan ketuntasan 77 14 % dan untuk aspek psikmotorik 81 39 % dengan ketuntasan 74 36 % dan aspek afektif meningkat menjadi 70 56 % dengan ketuntasan 71 79 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Mertanyaan (PBMP) dengan Starter Experiment Approach (SEA) dapat meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi guru fisika kelas X-2 untuk menerapkan pola pembelajaran PBMP dengan SEA sebagai salah satu variasi metode pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20486

Actions (login required)

View Item View Item