Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2011/2012 / Lita Estriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2011/2012 / Lita Estriana

Estriana, Lita (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2011/2012 / Lita Estriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Team Assisted Individualization (TAI) Prestasi Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran di SMA N 1 Kepanjen yaitu (1) guru yang mengajar materi teori kinetik gas tidak pernah menggunakan praktikum atau animasi sedangkan di labolatorium terdapat alat praktikum yang belum pernah dicoba sama sekali oleh guru tersebut (2) siswa cenderung diam selama proses pembelajaran berlangsung hal ini terlihat saat guru menyarankan kepada siswa untuk berdiskusi mereka cenderung menghindar dan lebih suka berdiam diri atau bahkan bermain-main dengan teman sebangkunya serta masih malu untuk bertanya (3) siswa nampak tidak semangat dalam belajar karena ada beberapa siswa yang tidak membawa buku pelajaran fisika dan juga tidak mengerjakan PR yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajarannya adalah Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI). Penerapan ini terdiri dari sepuluh tahapan yaitu pendahuluan placement test team orientasi siswa kepada masalah mengorganisasi siswa untuk belajar team study team score and team recognitizion menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah fast test penutup Tujuan penelitian adalah mengetahui proses keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai dengan Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran fisika pada kelas XI IPA 2 SMA N 1 Kepanjen dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Kepanjen semester genap tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 32 siswa. Jenis penelititan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya ketuntasan prestasi klasikal post tes 89 07 % dan ujian akhir siklus 94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20485

Actions (login required)

View Item View Item