Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A MAN Rejotangan Tulungagung / Ahmad Asrori Nahrun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A MAN Rejotangan Tulungagung / Ahmad Asrori Nahrun

Nahrun, Ahmad Asrori (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A MAN Rejotangan Tulungagung / Ahmad Asrori Nahrun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif TAI Aktivitas Prestasi Belajar Berdasarkan hasil observasi awal di MAN Rejotangan kelas X-A peneliti menemukan beberapa hal berkaitan dengan pembelajaran diantaranya 1) sebelum kegiatan pembelajaran dimulai siswa terlihat kurang siap 2) guru jarang memanfaat-kan alat-alat praktikum yang ada ataupun media konstektual 3) beberapa siswa terli-hat tidak fokus 4) Siswa jarang bertanya tentang materi pelajaran karena mereka ku-rang tertarik dengan pembelajaran 5) Siswa kurang bekerja sama dan tidak bertang-gung jawab terhadap tugasnya 6) nilai rata-rata tes siswa terlihat masih rendah yaitu sebesar 55 30 dengan persentase ketuntasan sebesar 18 5%. Hal itu menunjukkan bah-wa aktifitas kooperatif dan prestasi belajar fisika siswa masih rendah sehingga perlu dilakukan tindakan untuk memperbaiki hal ini. Berdasarkan permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif selama proses pembe-lajaran dan saling membantu untuk memproleh pemahaman. Pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif TAI yang bertujuan untuk meningkatkan aktivi-tas dan prestasi belajar fasika siswa. Model pembelajaran kooperatif TAI dalam pene-litian ini meliputi tahap placement test and team teaching group student creative team study whole class unit fact test team score and team recognition. Lokasi penelitian ini di Kab. Tulungagung dengan subjek penelitian siswa ke-las X-A MAN Rejotangan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang ber-langsung dalam dua siklus. Pada siklus I subpokok bahasan yang diberikan adalah kuat arus tegangan dan hambatan serta cara pengukurannya. Untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I pemberian tindakan dilan-jutkan pada siklus II dengan subpokok bahasan hambatan jenis hukum I dan II kirchoff. Teknik pengumpulan data aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung melalui 1) observasi dengan menggunakan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran 2) aktivitas belajar siswa melalui observasi dengan menggunakan lembar obser-vasi aktivitas kooperatif siswa 3) data prestasi belajar diperoleh dari tes. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Perolehan persentase pencapaian aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I 89 33% dengan taraf baik pada siklus II meningkat menjadi 95 11 % dengan taraf baik. Prestasi belajar siswa meningkat dari data awal sebesar 55 30 menjadi 76 52 pada siklus I dan 77 11 pada siklus II. Siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan. Data awal menunjukkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 anak pada siklus I sebanyak 18 anak dan pada siklus II meningkat menjadi 24 anak. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A MAN Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item View Item