Bomba, Benediktus Beni (2012) Profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Jember / Benediktus Beni Bomba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kerja Ilmiah Prestasi Belajar Fisika Dasar Fisika Dasar merupakan dasar untuk memahami mata kuliah selanjutnya. Pada pembelajaran Fisika dilaksanakan secara inkuiri untuk menumbuhkan kemampuan serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup dalam meningkatkan prestasi belajar dan kerja ilmiah mahasiswa. Pentingnya prestasi belajar dan kerja ilmiah pada mahasiswa merupakan tingkat kecakapan untuk mengetahui profil keberhasilan yang diperoleh mahasiswa karena pengalaman yang diikutinya selama proses pembelajaran Fisika. Pada profil prestasi belajar Pemahaman yang didapatkan mahasiswa dalam pembelajaran Fisika tidak hanya menyajikan fakta-fakta dan infomasi yang didapatkan tetapi bagaimana menerapkannya dalam kehidupan nyata maka pada proses pembelajaran Fisika dapat ditekankan pada proses berfikir bekerja dan bersikap ilmiah yang dapat dikembangkan dalam kehidupan nyata salah satunya adalah kerja ilmiah. Pentingnya profil kerja ilmiah pada mahasiswa dalam suatu perkuliahan dapat mengukur sejauh mana mahasiswa dalam memahami konsep yang didapatkan pada proses pembelajaran Fisika Dasar apakah sesuai dengan prestasi belajar yang didapatkan atau tidak. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana profil kerja ilmiah dan prestasi belajar pada mahasiswa di Universitas Jember. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada subyek penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan Fisika jurusan FMIPA FKIP Universitas Jember terdiri dari 3 Offreing yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar sedangkan sampelnya menggunakan teknik porpusive sampling yaitu Offering A dan B. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi lembar wawancara dan tes yang berupa prestai belajar dan kerja ilmiah. Pada tes prestasi belajar berdasarkan hasil SPSS nilai Reliabilitasnya sebesar 0 734 sedangkan kerja ilmiah berdasarkan hasil dari SPSS nilai Reliabilitanya 0 832. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini maka teknik analisis data yang akan digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis kuantitatif yang akan digunakan seperti persentase rerata modus simpangan baku nilai terendah dan nilai tertinggi Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran Fisika Dasar yang dinilai dari aspek-aspek yang diamati sudah cukup baik sedangkan kemampuan kerja ilmiah mahasiswa pada perkuliahan Fisika Dasar di UNEJ masih sangat kurang. Pada prestasi belajar mahasiswa di UNEJ perkuliahan Fisika Dasar masih kurang. Sedangkan bantuan-bantuan yang diberikan oleh dosen berupa tugas dan asisten dosen masih kurang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20474 |
Actions (login required)
View Item |