Penerapan model pembelajaran react disertai dengan penilaian portofolio untuk meningkatkan kemajuan belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMPN 4 Malang / Annafiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran react disertai dengan penilaian portofolio untuk meningkatkan kemajuan belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMPN 4 Malang / Annafiyah

Annafiyah (2012) Penerapan model pembelajaran react disertai dengan penilaian portofolio untuk meningkatkan kemajuan belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMPN 4 Malang / Annafiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran REACT kemajuan belajar prestasi belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII-C diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi ceramah tanya jawab dan beberapa latihan soal. Pemberian tugas masih kurang efektif. Pada jam pelajaran guru lebih dominan menggunakan metode ceramah. Metode ceramah dapat memberikan dampak yang negatif karena siswa cenderung pasif menjadi bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan juga diketahui bahwa penilaian yang dilakukan guru selama ini masih menekankan pada PR dan tes yang diberikan diakhir pokok bahasan tanpa adanya umpan balik dari guru. Dengan metode pembelajaran dan penilaian tersebut kemajuan belajar serta prestasi belajar yang dicapai siswa belum memuaskan. Hal ini terlihat pada nilai UTS hanya 24 siswa dari 36 siswa yang memenuhi SKBM. Saat dilakukan diskusi hanya 10 siswa yang aktif sedangkan yang lain hanya berbicara sendiri dan ramai. Salah satu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif adalah penilaian portofolio dan model pembelajaran REACT yang terdiri dari 5 tahapan yaitu relating experiencing applying cooperating dan transfering. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan portofolio dengan menggunakan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemajuan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Malang dengan subjek penelitian kelas VIII-C. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran REACT kemajuan belajar dan prestasi belajar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu portofolio dan pedoman observasi. Ketercapaian pembelajaran REACT kemajuan belajar dan hasil prestasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan prosentase. Penerapan penilaian portofolio pada pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemajuan belajar fisika siswa ditinjau dari LKS jurnal dan PR siswa. Peningkatan 10 16 untuk LKS sebelum direvisi dan 6 48 setelah direvisi. Sedangkan untuk jurnal belajar peningkatan untuk jurnal sebelum direvisi adalah 2 63 dan 4 97 setelah direvisi. Kemudian peningkatan untuk nilai rata-rata PR sebelum direvisi adalah 2 53 dan 4 02 setelah direvisi. Peningkatan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan ke Siklus I sebesar 5 6. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model pembelajaran REACT dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemajuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item