Primajaya, Yanuar (2012) Profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Jember / Yanuar Primajaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Sikap Ilmiah Prestasi Belajar Fisika Dasar Mata kuliah Fisika Dasar merupakan landasan untuk memahami mata kuliah selanjutnya. Narendra (dalam Rachmawati 2003) pembelajaran fisika yang hanya menekankan aspek produk dan kurang memperhatikan proses kurang menumbuhkan sikap ilmiah mahasiswa. Perwujudan awal dari sikap ilmiah ditunjukkan oleh keinginan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan melalui pengamatan langsung melakukan percobaan menguji suatu hipotesis. Mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah yang baik akan selalu terdorong untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Oleh sebab itu perlu diketahui profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Dasar di Universitas Jember. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika offering A dan offering B yang berjumlah 100 mahasiswa. Variabel penelitian yang diamati adalah perkuliahan Fisika Dasar sikap ilmiah prestasi belajar dan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Dasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi perkuliahan Fisika Dasar tes prestasi belajar lembar wawancara dan inventori sikap ilmiah. Didapatkan Cronbach s Alpha untuk instrumen prestasi belajar sebesar 0 734 sedangkan untuk sikap ilmiah sebesar 0 832 hasil ini dapat dikatakan memiliki reliabel sangat tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan wawancara dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu rata-rata persentase dan standar deviasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik perkuliahan Fisika Dasar dapat dikatakan cukup baik begitu juga sikap ilmiah pada perkuliahan Fisika Dasar dapat dikatakan baik. Akan tetapi sikap ilmiah dan karakteristik perkuliahan yang baik masih belum berdampak positif terhadap prestasi belajar mahasiswa yang masih kurang baik dalam perkuliahan Fisika Dasar. Hasil prestasi belajar terendah berada pada topik gelombang. Hasil ini sejalan dengan hasil wawancara dengan 2 dosen yang menyatakan sekitar 40%-60% mahasiswa masih mengalami kesulitan. Sepuluh mahasiswa (100%) menyatakan mengalami kesulitan dalam perkuliahan Fisika Dasar. Dosen telah memberikan bantuan berupa tugas yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Langkah yang dilakukan dosen untuk mengatasi kesulitan yang dialami mahasiswa dengan cara mengubah strategi pembelajaran yaitu dengan cara memperdalam materi secara kontekstual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20466 |
Actions (login required)
View Item |