Lutwiyani (2012) Peningkatan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran REACT pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Lutwiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran model REACT hasil belajar fisika Hasil belajar kognitif fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantur adalah 59 07 dengan ketuntasan 44 4%. Selama observasi terlihat siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan belajar siswa masih engan untuk menuliskan jawaban atau mengerjakan soal di papan tulis hal ini menunjukkan afektif siswa masih kurang. Selama pembelajaran dikelas XI belum diadakan praktikum sehingga hasil belajar ranah psikomotor siswa masih belum teramati. Model pembelajaran yang sesuai untuk penyampaian materi fisika adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam penemuan konsep materi yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah REACT yang terdiri dari 5 tahapan yaitu relating experiencing applying cooperating dan transferring. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup tiga ranah yakni kognitif afektif dan psikomotor dengan menggunakan model pembelajaran REACT. Penelitian tindakan kelas pada penelitan ini menggunakan model Kemmis Mc taggart. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran lembar penilaian afektif serta lembar penilaian psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif siswa diukur dengan mengguna kan instrumen penilaian berupa tes tertulis. Penelitian tindakan kelas ini dinyata kan berhasil jika memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu persentase ketuntasan hasil belajar siswa untuk setiap ranah adalah 75% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran mendapatkan nilai diatas KKM yakni 75. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah Siswa dapat mengkaitkan antara fenomena yang ada di alam dengan konsep fisika siswa berusaha aktif dalam diskusi kelompok dan diskusi kelas pada tahap transfering dan cooperating siswa dapat melakukan praktikum untuk memahami konsep fisika menganalisis serta menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa meningkat pada siklus I adalah 86.20% dan pada siklus II mencapai 93.10%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20464 |
Actions (login required)
View Item |