Setyawati, Ika (2012) Upaya peningkatan keterampilan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIA SMPN 13 Malang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing / Ika Setyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keterampilan kerja ilmiah prestasi belajar fisika inkuiri terbimbing Keterampilan kerja ilmiah siswa SMPN 13 Malang rendah terbukti pada hasil observasi tanggal 20 Juli 2011 siswa masih belum terlihat membuat hipotesis siswa tidak diajak berlatih membuat pertanyaan melainkan guru yang bertanya tetapi hanya 1-2 siswa yang aktif menjawab. Pada saat melakukan percobaan bimbingan penuh diberikan kepada siswa sehingga siswa tidak bisa belajar mandiri. Siswa juga dilatih untuk menuliskan data percobaan tetapi hal yang terjadi banyak siswa yang tidak mengerjakan dan mencotoh selain itu juga belum terjadi penarikan kesimpulan karena keterbatasan waktu. Prestasi belajar fisika siswa kelas VIIA SMPN 13 Malang rendah. Hal ini terlihat pada ulangan harian pada materi Besaran dan Satuan mendapatkan rata-rata sekitar 56 sedangkan pada materi Pengukuran mendapatkan rata-rata sekitar 57. Siswa yang mendapat nilai ulangan harian diatas KKM 75 pada materi Besaran dan Satuan hanya 4 siswa atau 9% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada materi Pengukuran yang mendapatkan nilai ulangan harian di atas 75 hanya tidak lebih dari 7 siswa atau 15% dari jumlah siswa keseluruhan yaitu 44 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIIA SMPN 13 MALANG (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas VIIA SMPN 13 MALANG selama pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbimbing (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIA SMPN 13 MALANG selama pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIIA SMPN 13 Malang pada Siklus I (pertemuan 1 adalah 59 72% dengan kategori sangat kurang dan pertemuan 2 adalah 75% dengan kategori cukup) sedangkan pada Siklus II adalah 95 83% dengan kategori sangat baik (2) keterampilan kerja ilmiah siswa kelas VIIA SMPN 13 Malang mengalami peningkatan selama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu pada Siklus I adalah 53 17% sedangkan pada Siklus II adalah 92 18% (3) prestasi belajar fisika siswa kelas VIIA SMPN 13 Malang mengalami peningkatan selama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu pada Siklus I memperoleh rata-rata 75 9 dan pada Siklus II adalah 82 4. Siswa yang tuntas belajar pada Siklus I mencapai 31 siswa sedangkan pada Siklus II mencapai 35 siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20458 |
Actions (login required)
View Item |