Pembuatan software spada sebagai tool pengisian mikrokontroler AVR ATMEGA8535 / Syamsudin Nur Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan software spada sebagai tool pengisian mikrokontroler AVR ATMEGA8535 / Syamsudin Nur Wahid

Wahid, Syamsudin Nur (2012) Pembuatan software spada sebagai tool pengisian mikrokontroler AVR ATMEGA8535 / Syamsudin Nur Wahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Algoritma Bahasa Assembler Delphi Diagram Alur Mikrokontroler ATmega 8535 merupakan pengendali otomatis yang sangat luas penggunaanya baik dalam bidang instrumentasi maupun elektronika. Kinerja mikrokontroler sangat dipengaruhi oleh program di dalamnya. Selama ini kode program dan digram alir pemrograman mikrokontroler dibuat secara terpisah diagram alir digambarkan terlebih dahulu kemudian program dibuat berdasarkan algoritma tersebut atau sebaliknya. Gennady Gromov telah membuat program Pengembangan Grafis Terpadu yang disebut Algorithm Builder (AB) yang memungkinkan penulisan kode program dengan bentuk seperti diagram alir sehingga penyusunan algoritma menjadi lebih mudah. Akan tetapi bentuk-bentuk dalam AB tidak standar sehingga sulit dibedakan antara input proses output dan sebagainya. SPADA (Software Pembuat kode Assembler Berbasis Diagram Alur) adalah program yang dapat membuat algoritma dalam bentuk diagram alir serta penyusunan kode program dalam bahasa Assembler dalam waktu bersamaan. Skripsi ini membuat program sejenis AB yang sudah ada dengan membuat bagian-bagian dasar diagram alir sesuai standart. Macam bentuk bagian diagram alir yaitu terminasi input/output proses konektor keputusan dan garis hubung. Dalam satu bentuk terdapat satu atau lebih fungsi kode assembler. Bentuk-bentuk tersebut dibuat dengan tombol yang berbeda untuk masing-masing bentuk. Kode Assembler dimasukkan lewat form yang muncul setiap dilakukan tindakan tertentu. Komponen editing meliputi pengubahan kode operasi penggantian bentuk dan pengaturan posisi. Gambar diagram alir dan kode assembler dapat dicetak secara terpisah saat Algoritma selesai dibuat. Pekerjaan dapat disimpan dalam tiga tipe yaitu gambar( .bmp) teks( .asm) dan algoritma( .agr). Program hanya dapat membuka file dengan tipe algoritma( .agr). File yang berisi kode assembler kemudian dibuka atau disalin kedalam software AVR Studio 4 untuk proses selanjutnya. AVR Studio 4 melakukan pengecekan kesalahan simulasi dan compile. Verifikasi kode tidak menunjukkan kesalahan atau error. Simulasi berjalan dengan baik. File hasil kompilasi selanjutnya dapat diburning ke ATmega 8535 menggunakan Downloader.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item