Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Darusalam Baureno Bojonegoro pada mata pelajaran fisika / Nurul Afia Zuhairini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Darusalam Baureno Bojonegoro pada mata pelajaran fisika / Nurul Afia Zuhairini

Zuhairini, Nurul Afia (2012) Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Darusalam Baureno Bojonegoro pada mata pelajaran fisika / Nurul Afia Zuhairini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) motivasi hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Darussalam Baureno Bojonegoro ditemukan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika masih rendah. Motivasi belajar rendah ditandai dengan saat proses pembelajaran berlangsung beberapa siswa tampak kurang memperhatikan dan ribut sendiri terutama siswa yang duduk di belakang. Ketika diberikan tugas ada yang mengerjakan mengerjakan tetapi belum selesai dan ada yang tidak mengerjakan. Hasil belajar yang rendah ditunjukkan dengan nilai rata-rata ujian tengah semester gasal siswa. Nilai-nilai tersebut adalah sebesar 54 82 untuk kelas VIIA 54 38 untuk kelas VIIB dan 58 38 untuk kelas VIIC. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran baru dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah mencobakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Darussalam Baureno Bojonegoro yang terdiri dari tiga kelas sebagai populasi penelitian sedangkan sampelnya adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIA sebagai kelas pembanding. Setiap kelas yang menjadi subjek penelitian terdiri dari 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan instrumen pengukuran berupa lembar angket motivasi dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis terhadap motivasi belajar dengan uji t diperoleh nilai t 4.39 yang lebih besar dari 1050448 1051623 1051604 1051605 1051608 1051615 1.693sehingga H1 diterima atau H0 ditolak. Diterimanya H1 ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa yang diajar dengan menyisipkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajar tanpa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Hasil analisis terhadap hasil belajar dilakukan dengan uji U Mann-Whitney diperoleh nilai z sebesar 8722 0.599 yang lebih kecil dari nilai kritis z yaitu 1.645 sehingga H0 diterima atau H1 ditolak. Diterimanya H0 ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menyisipkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan siswa yang diajar tanpa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item