Pengembangan bahan ajar fisika berkarakter nilai-nilai Al-Qur'an pokok bahasan suhu dan kalor bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) kelas X semester 2 / Neni Farkhiana Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berkarakter nilai-nilai Al-Qur'an pokok bahasan suhu dan kalor bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) kelas X semester 2 / Neni Farkhiana Ulfa

Ulfa, Neni Farkhiana (2012) Pengembangan bahan ajar fisika berkarakter nilai-nilai Al-Qur'an pokok bahasan suhu dan kalor bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) kelas X semester 2 / Neni Farkhiana Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar pendidikan karakter nilai-nilai Al-Qur an suhu dan kalor. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah khususnya siswa yang meliputi komponen pengetahuan kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME) diri sendiri sesama lingkungan maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Pendidikan karakter ini sesuai dengan visi sekolah berbasis Islam seperti MI MTs MA ataupun Sekolah Islam Terpadu untuk membentuk siswa yang seimbang dalam dzikir pikir maupun ikhtiar. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut maka diperlukan bahan ajar berkarakter yang akan menunjang pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berkarakter nilai-nilai Al-Qur an pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa MA kelas X semester 2. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain di antaranya Pada setiap sub bab terdapat ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan materi dan ayat Al-Qur an yang menguatkan nilai-nilai karakter di akhir pembahasan terdapat Kolom Hikmah yang mengaitkan materi dengan nilai-nilai Al-Qur an terdapat Kolom Selaksa Makna Refleksi Diri dan cerita tentang tokoh-tokoh sains Islam dan bahan ajar tersebut dibuat dengan beraneka warna yang menarik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji kelayakan dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji keterbacaan bahan ajar terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar berkarakter nilai-nilai Al-Qur an pokok bahasan suhu dan kalor. Hasil validasi isi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata 3 7 dan 3 3. Sedangkan dari hasil uji coba terbatas pada siswa bahan ajar yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata 3 42. Bahan ajar ini juga sudah direvisi pada halaman muka peta konsep indikator materi dan ilustrasi/gambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item