Krisnawati, Kurnia (2011) Penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan animasi swishmax untuk meningkatkan motivasi dan presatasi belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang / Kurnia Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Siklus Belajar 5E animasi SWiSHmax motivasi belajar prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal di kelas X-6 didapatkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa masih rendah. Hal-hal yang menunjukkan motivasi belajar siswa rendah yaitu pada saat guru menyampaikan materi beberapa siswa masih ada yang tidak memperhatikan penjelasan guru karena guru lebih fokus menulis penjelasan materi di papan tulis sehingga kegiatan siswa kurang terawasi. Sebagian kecil siswa yang benar-benar menulis penjelasan guru yang ada di papan tulis sedangkan sebagian besar siswa mengobrol antar teman sedangkan siswa bangku belakang bermain Hp. Hal ini disebabkan posisi guru berada pada bangkunya tidak berkeliling mengawasi kegiatan siswa. Setelah itu guru memberikan contoh soal dan memberikan kesempatan siswa bertanya. Pada saat siswa diberi kesempatan bertanya sebagian kecil siswa berani bertanya jika ada yang kurang paham tentang materi yang diajarkan. Pada saat pemberian soal di akhir pembelajaran sebagian besar siswa saling mencontoh jawaban temannya. Hal ini merupakan indikator bahwa masih banyak siswa yang belum paham konsep Fisika yang diajarkan guru. Prestasi siswa tergolong rendah dilihat dari hasil ulangan harian bab Optik dengan nilai rata-rata kelas 69. Nilai tersebut masih berada di bawah nilai KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Motivasi dan prestasi belajar siswa rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan lebih bersifat teacher centered daripada student centered sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas X-6 SMAN 1 Tumpang melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E yang bersifat student centered yaitu siswa yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model Siklus Belajar 5E terdiri dari 5 tahapan yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Tahap engagement dan explanation peneliti menambahkan animasi SWiSHmax untuk mempermudah penjelasan dan menarik perhatian siswa pada pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Siklus Belajar 5E berbantuan animasi SWiSHmax dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasicarried
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20442 |
Actions (login required)
View Item |