Analisis hubungan antara ketinggian terhadap kelembapan pada observasi meteo vertikal / Muchammad Fikriy - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hubungan antara ketinggian terhadap kelembapan pada observasi meteo vertikal / Muchammad Fikriy

Fikriy, Muchammad (2011) Analisis hubungan antara ketinggian terhadap kelembapan pada observasi meteo vertikal / Muchammad Fikriy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kelembaban udara ketinggian dan meteo vertical Adanya industrialisasi yang menggunakan fosil sebagai bahan bakar energy akan berpengaruh terhadap lingkungan sehingga dapat menyebabkan perubahan iklim global perubahan komposisi atmosfer dan juga adanya hujan asam. Hal ini disebabkan meningkatnya temperature rata-rata atmosfer laut dan daratan bumi atau yang disebut pemanasan global. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengetahui nilai kelembaban udara pada suatu parameter ketinggian karena kelembaban yang tinggi adalah salah satu factor terjadinya hujan. Sehingga kita akan merperkirakan akan terjadi atau tidaknya hujan. Hal ini akan membantu para petani untuk mulai bercocok tanam. Disisi lain dengan mengetahui nilai kelembaban udara bisa digunakan untuk prakiraan cuaca dan juga dapat digunakan untuk memprediksi potensi adanya badai. Penelitian ini adalah penelitian observasi yang menyatakan hubungan (korelasi) antara kelembaban udara terhadap ketinggian yang dilakukan dengan meluncurkan balon meteo yang dilakukan di SPD LAPAN Watukosek Pasuruan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi suatu tempat tingkat kelembaban semakin rendah dan pada penelitian ini pula didapatkan prosentase nilai kelembaban udara pada setiap parameter ketinggian. Terjadinya kenaikan dan penurunan kelembaban tersebut dipengaruhi oleh banyak factor antaralain kedudukan Matahari yang berubah-ubah ketebalan awan adanya angin yang membawa awan wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan terdapat gunung-gunung yang tinggi di wilayah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item