Pengembangan instrumen tes pilihan ganda untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar / Revinda Afifatintia

Afifatintia, Revinda (2011) Pengembangan instrumen tes pilihan ganda untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar / Revinda Afifatintia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : instrumen tes pilihan ganda, miskonsepsi, dinamika rotasi dan kese-timbangan benda tegar Miskonsepsi adalah perbedaan konsepsi seseorang dengan konsepsi yang dimiliki para ahli dalam bidang tertentu yang telah diyakini kebenarannya. Mis-konsepsi dapat mengganggu pemikiran siswa baik ketika mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Miskonsepsi dapat disebabkan karena adanya faktor internal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal. Alat identifikasi miskonsepsi yang selama ini dikembangkan adalah peta konsep, tes esai tertulis, wawancara, dan diskusi dalam kelas. Alat yang dikembangkan terse-but dalam proses analisisnya membutuhkan waktu lama, sehingga sebagian besar guru enggan untuk melakukan identifikasi miskonsepsi. Atas dasar kendala terse-but, maka dikembangkan alat yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses analisisnya berupa pengembangan instrumen tes pilihan ganda pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini memanfaatkan modifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Brog dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan tersebut ada-lah sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk utama. Produk akhir penelitian pengembangan ini adalah instrumen tes pilihan ganda sebagai alat identifikasi miskonsepsi. Instrumen ini dikembangkan berda-sarkan respon siswa terhadap soal uraian yang diujicobakan pada siswa. Setiap butir pilihan ganda memiliki empat pilihan jawaban yang terdiri atas satu jawaban benar dan tiga jawaban pengecoh. Keempat pilihan jawaban disusun berdasarkan jawaban siswa dalam soal uraian yang mengandung miskonsepsi. Kelayakan produk ini didasarkan pada hasil validasi oleh tim ahli (dosen dan guru SMA) dan uji coba satu kali (terbatas) pada siswa. Selain itu juga dilaku-kan analisis kelayakan menggunakan program AAFF. Hasil analisis validasi oleh validator dan program AAFF menunjukkan bahwa instrumen tes yang telah disusun sudah memenuhi kriteria layak, namun masih perlu adanya revisi berdasarkan saran, kritik dan tanggapan dari validator. Instrumen pilihan ganda yang dikembangkan mampu membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan yang tidak miskonsepsi serta mampu mengelompok-kan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya. Proses identifikasi dilakukan de-ngan melihat kecenderungan jawaban siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item