Studi tentang pengembangan instrumen penilaian prstasi belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA Negeri se-kota Malang / Jihan Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pengembangan instrumen penilaian prstasi belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA Negeri se-kota Malang / Jihan Amalia

Amalia, Jihan (2011) Studi tentang pengembangan instrumen penilaian prstasi belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA Negeri se-kota Malang / Jihan Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan instrumen penilaian bentuk uraian Penilaian merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru maupun calon guru. Penilaian adalah kegiatan pengumpulan dan pengolahan data tentang proses dan hasil belajar siswa sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Agar kegiatan penilaian berjalan sesuai dengan fungsinya maka ada prosedur yang harus ditempuh oleh guru sebagai penilai. Kualitas instrumen penilaian juga perlu diperhatikan layak atau tidaknya. Dalam prosedur penilaian guru menyesuaikan dengan dengan teknik penilaian yang dipilih. Salah satu teknik penilaian yang digunakan oleh guru adalah teknik penilaian tes tertulis bentuk uraian. Penilaian bentuk ini berfungsi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kompleks lainnya yang dimiliki oleh siswa. Selama ini informasi tentang prosedur dan kualitas instrumen penilaian bentuk uraian dalam kegiatan pembelajaran sangat sedikit. Oleh karena itu studi tentang pengembangan instrumen penilaian bentuk uraian penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur penilaian serta kualitas instrumen penilaian hasil belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar yang dilakukan oleh guru fisika SMA negeri se-kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara angket dan penilaian produk. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi mengenai keterlaksanaan prosedur pengembangan instrumen penilaian bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar serta kualitas instrumen yang dikembangkan oleh guru fisika SMA negeri se-kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru fisika SMA negeri se-kota Malang selalu melakukan persiapan penilaian (100%). Sedangkan tahap analisis dan tindak lanjut jarang dilakukan dengan persentase 47.5% untuk tahap analisis dan 20% untuk tahap tindak lanjut. Tahap analisis meliputi validasi soal penentuan tingkat reliabilitas soal tingkat kesukaran butir soal serta daya beda butir soal. Tahap tindak lanjut berupa kegiatan memperbaiki instrumen untuk digunakan di masa mendatang. Sedangkan untuk kualitas instrumen penilaian bentuk uraian yang dibuat oleh guru secara keseluruhan kualitasnya baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20424

Actions (login required)

View Item View Item