Perbedaan kualitas produk media pembelajaran antara mahasiswa fisika yang belajar dengan pembelajaran individu dan kolaboratif melalui model think-pair-share (TPS) / Bayu Amijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kualitas produk media pembelajaran antara mahasiswa fisika yang belajar dengan pembelajaran individu dan kolaboratif melalui model think-pair-share (TPS) / Bayu Amijaya

Amijaya, Bayu (2011) Perbedaan kualitas produk media pembelajaran antara mahasiswa fisika yang belajar dengan pembelajaran individu dan kolaboratif melalui model think-pair-share (TPS) / Bayu Amijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kualitas Produk Media Pembelajaran Pembelajaran Individu Pembelajaran Kolaboratif Think-Pair-Share (TPS) Media pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat menyalurkan pesan merangsang pikiran dan perasaan serta kemauan siswa sehingga dapat menen-tukan kesuksesan proses belajar mengajar di kelas. Sebagai calon guru mahasiswa dituntut untuk mampu membuat media pembelajaran dengan kualitas yang baik dengan rentang skor 85-100. Sebelum pemberian perlakuan dilaksanakan hasil observasi dan wawancara dengan dosen pengampu menunjukkan bahwa nilai kualitas media yang dibuat oleh mahasiswa sebesar 65.71. Nilai ini lebih kecil dari rentangan disebabkan oleh kecerdasan mahasiswa yang beragam serta pembelajaran yang selama ini dilakukan belum tepat. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif melalui model pembelajaran TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimetal) dengan desain yang digunakan adalah The Matching Only Posttest Control Group Design. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis parametrik dengan metode analisis kovarian. Analisis data menghasilkan informasi mengenai kualitas media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa. Hasil uji hipotesis I menunjukkan terdapat perbedaan kualitas produk media pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan metode pembelajaran kolaboratif melalui model TPS dan yang belajar dengan pembelajaran secara individual. Hasil uji hipotesis II menunjukkan tidak terdapat perbedaan kualitas produk media pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa laki-laki yang belajar dengan metode pembelajaran kolaboratif melalui model TPS dan yang belajar dengan pembelajaran secara individual. Hasil uji hipotesis III menunjukkan terdapat perbedaan kualitas produk media pembelajaran yang signifikan antara mahasiswa perempuan yang belajar dengan metode pembelajaran kolaboratif melalui model TPS dan yang belajar dengan pembelajaran secara individual. Hasil uji hipotesis IV dan V dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiwa laki-laki dan perempuan di masing-masing kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20423

Actions (login required)

View Item View Item