Pengaruh model pembelajaran inquiry training (pelatihan inkuiri) terhadap hasil belajar dan perhatian siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ika Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inquiry training (pelatihan inkuiri) terhadap hasil belajar dan perhatian siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ika Suryani

Suryani, Ika (2011) Pengaruh model pembelajaran inquiry training (pelatihan inkuiri) terhadap hasil belajar dan perhatian siswa pada mata pelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ika Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model inquiry training hasil belajar perhatian Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 4 Malang ditemukan bahwa hasil belajar dan perhatian siswa pada pelajaran fisika masih rendah. Hasil belajar yang rendah ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang masih berada di bawah KKM yang sebesar 76. Nilai-nilai tersebut adalah sebesar 57.35 untuk kelas X1 56.66 untuk kelas X2 62.45 untuk kelas X3 65 21 untuk kelas X4 64.89 untuk kelas X5 dan 54.97 untuk kelas X6. Nilai tersebut diperoleh dari hasil ujian akhir semester gasal. Sedangkan perhatian siswa yang rendah ditandai dengan banyaknya kegiatan tidak relevan yang dilakukan siswa selama pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran baru dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan perhatian siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran inquiry training (pelatihan inkuiri). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang yang terdiri dari enam kelas sebagai populasi penelitian sedangkan sampelnya adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas pembanding. Setiap kelas yang menjadi subjek penelitian tersebut terdiri dari 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil belajar dengan uji U Mann- Whitney diperoleh nilai z sebesar 8722 2.834 yang lebih kecil dari nilai kritis z yaitu 1.645 sehingga H0 diterima atau H1 ditolak. Diterimanya H0 ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas pembanding. Artinya hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran inquiry training tidak lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis terhadap perhatian siswa yang dilakukan dengan uji perbedaan dua proporsi diperoleh nilai z sebesar 6.087 yang lebih besar dari negatif nilai z tabel yaitu sebesar 8722 1.64 sehingga H0 diterima atau H1 ditolak artinya proporsi kegiatan tidak relevan yang dilakukan siswa kelas eksperimen tidak lebih kecil dari kelas pembanding. Proporsi kegiatan tidak relevan yang dilakukan siswa ini menunjukkan perhatian siswa. Jadi perhatian siswa kelas eksperimen atau kelas yang belajar dengan model pembelajaran inquiry training tidak lebih besar dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. ABSTRAK Suryani Ika. 2011. The Influence of Inquiry Training Model to Students Learning Results and Attention in Physics of Grade X at Public Senior High School 4 Malang. Thesis Physics Department Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Subani (II) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si. Keywords inquiry training model learning results attention Based on observations in Public Senior High School 4 Malang it was found that the students learning results and attention are low. The low learning results indicated by the average student is still below that of KKM 76. Values amounted to 57.35 for class X1 56.66 for X2 62.45 for X3 65.21 for X4 64.89 for X5 and 54.97 for X6. This value is obtained from the odd semester of the final exam. While students attention which are low shown by the number of irrelevant activities done by students during the lesson. Therefore the necessary improvements to learning by applying new learning models in the hope of increasing students learning results and attention. One model of learning is inquiry training model. The approach used in this study is a quantitative approach to the type of experimental research. The design study is a quasi-experimental and design study is a posttest only control group design. The subject of this study is the grade X at Public Senior High School 4 Malang which consist of six classes as the population while the sample is X3 as experiment class and X5 as the comparison class. Each class that is the subject consist of 38 students. Research instrument used is the treatment instrument in the form of lesson plans and measuring instruments in the form of the observation sheets and test instruments. Based on the analysis results of learning results by the Mann-Whitney U test z values obtained for 8722 2.834 is less than the critical value of z is 1.645 so the H0 is received or H1 is refused. H0 receipt shows that there is no difference in learning results between experimental class and comparison class. It means the learning results of students who learn by inquiry training model is not higher than the learning results of students who studied with conventional learning. The analysis of students attention to the difference of two proportions test z values obtained for 6.087 is greater than negative value of z table that is equal to 8722 1.64 so that H0 accepted or H1 refused meaning that the proportion of irrelevant activities conducted experimental class students is not lower than the comparison class. The proportion of irrelevant activities of the student shows students attention. So attention experimental class or classes of students who learn by inquiry learning model of training is not greater than students who studied with conventional learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item