Luthfintri, Eki (2011) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada pokok bahasan optika geometri untuk SMA kelas X semester II / Eki Luthfintri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci bahan ajar fisika SAVI optika geometri Dalam suatu proses pembelajaran diperlukan bahan ajar untuk membantu jalannya proses pembelajaran tersebut. Bahan ajar yang digunakan haruslah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik sehingga siswa mudah memahami materi. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada guru dan siswa ditemukan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya inisiatif siswa untuk membaca maupun mengerjakan soal latihan yang ada pada bahan ajar fisika. Salah satu cara yang ditempuh yaitu dengan mengembangkan bahan ajar fisika berbasis SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk aktif bergerak berbicara mengamati menemukan konsep dan memecahkan masalah dalam pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan mengetahui karakteristik serta mengetahui kelayakan bahan ajar fisika berbasis SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) pada pokok bahasan optika geometri untuk SMA Kelas X semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah awal metode Borg dan Gall yaitu penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draf produk uji coba dan revisi hasil uji coba. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli materi (dua dosen fisika dan satu guru fisika SMA Negeri 4 Malang) serta pengguna bahan ajar (sepuluh siswa SMA Negeri 4 Malang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis SAVI pada pokok bahasan optika geometri memperoleh nilai rata-rata 3 44 dari penilaian tim ahli yang berarti layak. Dari siswa diperoleh nilai rata-rata 3.40 yang berarti layak. Hal ini berarti bahan ajar yang disusun sudah layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar fisika tersebut dengan melakukan uji coba lebih luas sehingga diperoleh bahan ajar fisika berbasis SAVI pada pokok bahasan optika geometri yang teruji validitasnya secara empiris.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20420 |
Actions (login required)
View Item |