Hidayati, Eka Pebriana Nur (2011) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa SMA kelas X pada topik penggunaan alat ukur listrik / Eka Pebriana Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar instrumen penilaian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar dan menguji kelayakan produk pengembangan instrumen penilaian ranah kognitif afektif dan psikomotor siswa kelas X pada topik penggunaan alat ukur listrik. Berdasarkan observasi guru masih sering menitikberatkan penilaian pada ranah kognitif dalam mengukur hasil belajar siswa. Pelaksanaaan pengukuran hasil belajar pada ranah kognitif dianggap paling mudah guru masih sering mengalami kesulitan dalam penyusunan dan pengembangan. Padahal jika mengacu pada taksonomi Bloom hasil belajar siswa diukur dengan pada tiga ranah yang melekat pada setiap individu meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotor. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan. Ujicoba terbatas instrumen penilaian kepada ahli meliputi ketiga ranah dan mengujikan instrumen ranah kognitif kepada siswa. Pada penelitian dan pengembangan ini yang dikembangkan adalah instrumen penilaian hasil belajar siswa meliputi tiga ranah. Produk yang dihasilkan adalah butir soal tes ranah kognitif butir rubrik ranah afektif dan butir rubrik ranah psikomotor. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada ranah kognitif adalah penilaian ahli dan analisis butir soal yang meliputi uji validasi soal taraf kesukaran daya beda dan reliabilitas. Ranah afektif dan psikomotor menggunakan teknis analisis penilaian ahli. Hasil penilaian ahli diketahui bahwa seluruh instrumen tersebut dikatakan layak. Uji validasi soal untuk pilihan ganda dan benar salah masing-masing 64% valid. Taraf kesukaran pilihan ganda 6% sukar 25% sedang 69% mudah dan untuk benar salah 14% sukar 14% sedang 72% mudah. Daya beda pilihan ganda 25% jelak 37 5% cukup 37 5% dinyatakan baik dan untuk benar salah 43% jelek 36% cukup 7% baik 14% sangat baik. Reliabilitas pilihan ganda adalah 0 57 dengan kriteria cukup dan benar salah 0 51 dengan kriteria cukup. Untuk ranah afektif dan psikomotor berdasarkan pada penilaian ahli seluruh butir rubrik afektif dan psikomotor layak. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan berupa instrumen penilaian ranah kognitif afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif berupa tes yang terdiri dari 19 butir soal ranah afektif terdiri 14 butir rubtik afektif dan ranah psikomotor terdiri dari 11 rubrik afektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20399 |
Actions (login required)
View Item |