Analisis karakter directional coupler berbasis bahan polimer lithium niobate (LINbO3) / Ika Rosaria Fathony - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis karakter directional coupler berbasis bahan polimer lithium niobate (LINbO3) / Ika Rosaria Fathony

Fathony, Ika Rosaria (2011) Analisis karakter directional coupler berbasis bahan polimer lithium niobate (LINbO3) / Ika Rosaria Fathony. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci directional coupler indeks bias efektif panjang kopling transfer daya Lithium Niobate Directional coupler merupakan piranti optik yang tersusun atas dua pandu gelombang sejajar dengan salah satu fungsinya yaitu sebagai pendukung teknologi komunikasi lewat pembuatan komponen optika terpadu yang mampu menjalankan fungsi guided coupled dan sebagainya. Pada skripsi ini dilakukan analisis karakter directional coupler struktur slab berbasis bahan polimer Lithium Niobate (LiNbO3) dengan jenis film yang digunakan adalah planar graded index berprofil 1/cosh2 untuk panjang gelombang 1 33 956 m. Directional coupler hasil analisis melalui pengamatan lebar film paling kecil adalah 0 5 956 m menghasilkan nilai indeks bias efektif ternormalisasi sebesar 0 63 frekuensi normalisasi 1 95 Hz dan nilai indeks bias efektifnya 2 2. Sedangkan pada analisis panjang kopling ketebalan terkecil yang digunakan adalah 0 5 956 m dari hasil analisis didapatkan panjang kopling Lc 0 32cm lalu divisualisasi menggunakan bantuan bahasa pemrogaman Mathematica 7.1 untuk menggambarkan moda simetri dan asimetri. Setelah itu directional coupler juga dianalisis dari segi kemampuan menransfer daya. Hasil penelitian ini menunjukkan directional coupler memenuhi 3-dB power transfer dalam pentransferan daya yaitu semakin besar lebar gap maka akan semakin besar pula panjang kopling (Lc). Maka makin kecil gelombang cahaya yang bisa ditransmisikan ke pandu gelombang dua. Hal ini menunjukkan bahwa dengan makin bertambahnya lebar gap (s) maka semakin besar panjang kopling (Lc) yang artinya semakin lemah kekuatan koplingnya. Dengan demikian nilai tetapan propagasi efektif moda asimetri ( 946 a) semakin mendekati nilai tetapan propagasi efektif moda simetri ( 946 s).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item