Kurniawan, Andy (2011) Penerapan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 6 Malang / Andy Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran REACT Kemampuan kerja ilmiah prestasi belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Fisika kelas XI IPA I SMA Negeri 6 Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran fisika menggunakan metode yang bervariasi yakni metode ceramah diskusi demonstrasi dan eksperimen. Metode ceramah dapat memberikan dampak yang negatif karena siswa menjadi bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat pada nilai UTS hanya 22 siswa dari 39 siswa yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni 70. Saat metode diskusi dikelompok di-terapkan hanya beberapa siswa yang aktif sedang kan yang lain hanya berbicara sendiri dan ramai. Di sekolah ini eksperimen dilaksanakan hanya satu kali dalam satu semester. Guru mengalami kendala saat melakukan praktikum dikarenakan waktu untuk melakukan praktikum tidak ada. Dampak dari jarang melakukan praktikum dapat dilihat saat siswa ditunjukkan dinamo meter siswa tampak bingung dalam menggunakannya hanya sedikit yang mampu menggunakan. Salah satu pem belajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif adalah model pem-belaja ran REACT yang terdiri dari 5 tahapan yaitu relating experiencing applying cooperating dan transfering. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkat-kan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 malang dengan subjek penelitian kelas XI IPA I. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan pelaksanaan pembelajaran REACT kerja ilmiah dan prestasi belajar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran dan kerja ilmiah siswa serta tes untuk meng-ukur prestasi belajar siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah reduksi data paparan data verifikasi penarikan kesimpulan dan refleksi. Ketercapaian kemampuan kerja ilmiah dan hasil prestasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan kemampuan kerja ilmiah siswa dan prestasi belajar kelas XI IPA I SMA Negeri 6 Malang mengalami peningkatan. Kemampuan kerja ilmiah siswa secara keseluruhan mengalami pe ningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 10 9%. Prestasi belajar pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80 3 dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20374 |
Actions (login required)
View Item |