Fabrikasi dan karakteristik magneto-elastisitasnya berbasis pasir besi Kediri / Bayu Sasono Agung Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Fabrikasi dan karakteristik magneto-elastisitasnya berbasis pasir besi Kediri / Bayu Sasono Agung Nugroho

Nugroho, Bayu Sasono Agung (2010) Fabrikasi dan karakteristik magneto-elastisitasnya berbasis pasir besi Kediri / Bayu Sasono Agung Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pasir besi partikel nano Fe3O4 kopresipitasi ferogel magneto-elastisitas. Partikel Fe3O4 difabrikasi dalam bentuk serbuk dalam ukuran mikro dan nano menggunakan bahan alam alternatif yaitu pasir besi dari sungai Brantas Kediri. Partikel mikro Fe3O4 diperoleh dengan cara pengekstrakan pasir besi dan dilakukan penggerusan untuk fabrikasi partikel nano Fe3O4 setelah proses pengekstrakkan dan penggerusan dilakukan fabrikasi partikel nano Fe3O4 dengan metode kopresipitasi. Bahan dasar yang digunakan dalam sintesis partikel nano Fe3O4 adalah pasir besi dari Sungai Brantas Kediri HCl (PA 99.9%) dan NH4OH (PA 99.9%). Setelah partikel Fe3O4 dalam ukuran mikro dan nano selesai difabrikasi dilakukan karakterisasi menggunakan alat XRD SEM dan VSM masing-masing dilakukan untuk mengetahui fasa-fasa partikel ukuran partikel dan sifat kemagnetannya. Selanjutnya partikel Fe3O4 dalam ukuran mikro dan nano tersebut dicampurkan dengan Polivinil alkohol (PVA) dan aquades untuk dibuat ferogel dengan konsentrasi Fe3O4 5% 10% 15% 20% 25% dari massa hidrogel dan dilanjutkan dengan karakterisasi magneto-elastisitas dari ferogel. Hasil penelitian menghasilkan partikel mikro Fe3O4 dengan ukuran 0 5 5 0 956 m sedangkan partikel nano Fe3O4 dari karakterisasi XRD dan dihitung dengan persamaan Scherrer didapatkan ukuran partikel 9 8 nm sedangkan dari hasil SEM didapatkan ukuran partikel nano Fe3O4 127 3 nm perbedaan ukuran partikel nano hasil XRD dan SEM dimungkinkan karena adanya aglomerasi partikel nano Fe3O4 sehingga sulit difoto menggunakan SEM. Hasil VSM menunjukkan bahwa partikel mikro Fe3O4 memiliki nilai magnetisasi remanen (Mr) lebih besar dibandingkan partikel nano Fe3O4 begitu juga untuk medan koersivitas (Hc) pada partikel mikro memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan partikel nano. Karakterisai magneto-elastisitas ferogel menunjukkan bahwa batas ambang medan magnet mengalami penurunan seiring bertambahnya konsentrasi Fe3O4 terhadap simpangan dan pemuluran ferogel dan ferogel dengan filler partikel mikro Fe3O4 lebih sensitif terhadap pengaruh perubahan medan magnet dibandingkan filler partikel nano Fe3O4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20369

Actions (login required)

View Item View Item